DARI SAMPAH MENJADI EMPATI: PERAN PROGRAM "PISA MERAH" DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL-EMOSIONAL ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JAJAG

Isi Artikel Utama

Siti Hamidah
Sholehah Yuliati
Daroe Iswatiningsih

Abstrak

Pengembangan kompetensi sosial-emosional merupakan aspek krusial dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sering terintegrasi dengan pendidikan karakter. Artikel ini mengkaji implementasi inovasi "PISA Merah" (Pilah Sampah Menjadi Rupiah) di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag sebagai media untuk menumbuhkan kemampuan sosial-emosional anak usia dini. Program ini tidak hanya berfokus pada pengelolaan lingkungan dan edukasi kewirausahaan, tetapi secara signifikan menumbuhkan empati, kepedulian terhadap sesama, dan semangat kolaborasi pada anak. Melalui aktivitas konkret memilah sampah dan mengkonversikannya menjadi dana beasiswa bagi teman-teman yang kurang mampu, "PISA Merah" menciptakan pengalaman belajar yang holistik, membentuk karakter peduli lingkungan dan sosial sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, implementasi, dan hasil yang diamati dari program "PISA Merah", menyoroti kontribusinya yang unik terhadap perkembangan sosial-emosional.


 Kata Kunci: 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siti Hamidah, Sholehah Yuliati, & Daroe Iswatiningsih. (2025). DARI SAMPAH MENJADI EMPATI: PERAN PROGRAM "PISA MERAH" DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL-EMOSIONAL ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JAJAG. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 144-155. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.2288
Bagian
Articles

Referensi

Badar, S., Muhammad, D. H., S Susandi, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini menurut Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–79.

Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240.

Hidayah, H., Sutarto, J., S Aeni, K. (2023). Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4431–4440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692

Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S., S Yunitasari, S. E. (2023). Menumbuhkan Sikap Empati Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sedekah Jumat Berkah di PAUD Insan Mandiri Kota Bogor. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1067–1074.

Nadya, S. S. . A. H. (2022). (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Nadya, Sara, Safira., Anugrah, Hidayah. (2022). 4. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, Doi: 10.36418/Jist.V3i9.489.

Rahayu, F., Arkam, R., S Mustikasari, R. (2023). Strategi Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dengan Pembudayaan Antri. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Rahim, A. (2023). Strategi Peningkatan Ketrampilan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. JSE: Journal Sains and Education, 1(3).

Setyaningsih, U., S Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340

Simatupang, M. M., Veronica, E., S Irfandi, A. (2021). Edukasi pengelolaan sampah: Pemilahan sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1).

Wahyuni, A., Islam, P., Usia, A., S Dini, A. U. (2020). Best practice pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini di tk khalifah baciro yogyakarta 1,2), 4197, 15–22.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.

Zakariah, M. A., Afriani, V., S Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n

D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.