PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i2.270Kata Kunci:
Guru, Pengelolaan Kelas, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan kelas guru untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan motivasi belajar siswa dengan kondusif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII-Putri MTs Ummul Quro Al-Islami yang berjumlah 346 dengan sampel 50% dari populasi adalah sebanyak 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase Pengelolaan kelas sebesar 34% dengan kategori cukup baik dan nilai rata-rata 61,72, kemudian Motivasi belajar siswa sebesar 55% dengan kategori baik dan nilai rata-rata 54,72. Berdasarkan hasil analisis pada pembuktian hipotesis diketahui nilai T hitung lebih besar dari T tabel (5,647 > 4,275) maka dapat dikatakah bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Dengan tingkat pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu sebesar 15,7%.
Referensi
Afi Parnawi. (2020). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi
Ambarjaya, Beni. (2008). Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing
Anjelita, Dhita, Dkk. (2021). Pendekatan Pengelolaan Kelas. Bogor: Universitas Djuanda Bogor
Bakhruddin, Mukhammad, Dkk. (2021). Strategi Belajar Mengajar (Konsep Dasar dan Implementasinya). Bojonegoro: CV. Agrapana Media
Fathurrohman, Muhammad, Dkk. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Penerbit Teras
Hidayat, Rahmat, Dkk. (2017). Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI
Nurjan, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group
Rahmayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Penerbit Kalam Mulia
Alaika M. Bagus Kurnia (2019). Motivasi Belajar Dalam Perspektif QS. Al-Radl: 11 Menurut Kitab Tafsir Al-Jalalain Karya Imam Jalaludidin Al-Mahilli dan Imam Jalaluddin Al-Suyuti. Suhuf, 31 (2): 140.
Suprihatin, Siti (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3 (1): 75
Nurhairiah, Ida. (2019). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di MIS Darul Istiqomah. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index