PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR

Penulis

  • Saiful Falah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Ahmad Idhofi Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Firda Fauziah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i2.270

Kata Kunci:

Guru, Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan kelas guru untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan motivasi belajar siswa dengan kondusif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII-Putri MTs Ummul Quro Al-Islami yang berjumlah 346 dengan sampel 50% dari populasi adalah sebanyak 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase Pengelolaan kelas sebesar 34% dengan kategori cukup baik dan nilai rata-rata 61,72, kemudian Motivasi belajar siswa sebesar  55% dengan kategori baik dan nilai rata-rata 54,72. Berdasarkan hasil analisis pada pembuktian hipotesis diketahui nilai T hitung lebih besar dari T tabel (5,647 > 4,275) maka dapat dikatakah bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Dengan tingkat pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu sebesar 15,7%.

Referensi

Afi Parnawi. (2020). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish

Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi

Ambarjaya, Beni. (2008). Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing

Anjelita, Dhita, Dkk. (2021). Pendekatan Pengelolaan Kelas. Bogor: Universitas Djuanda Bogor

Bakhruddin, Mukhammad, Dkk. (2021). Strategi Belajar Mengajar (Konsep Dasar dan Implementasinya). Bojonegoro: CV. Agrapana Media

Fathurrohman, Muhammad, Dkk. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Penerbit Teras

Hidayat, Rahmat, Dkk. (2017). Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI

Nurjan, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group

Rahmayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Penerbit Kalam Mulia

Alaika M. Bagus Kurnia (2019). Motivasi Belajar Dalam Perspektif QS. Al-Radl: 11 Menurut Kitab Tafsir Al-Jalalain Karya Imam Jalaludidin Al-Mahilli dan Imam Jalaluddin Al-Suyuti. Suhuf, 31 (2): 140.

Suprihatin, Siti (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3 (1): 75

Nurhairiah, Ida. (2019). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di MIS Darul Istiqomah. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Diterbitkan

2022-02-01

Cara Mengutip

Falah, S., Idhofi, A., & Fauziah, F. (2022). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 51-57. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i2.270

Terbitan

Bagian

Articles