AUTHOR GUIDELINES

RESEARCH PAPER

Judul. Judul harus pendek, cerah, dan informatif, tetapi tidak lebih dari 15 kata. Itu harus tepat dengan masalah yang dibahas. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak umum. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti dengan penjelasannya. Nama dan institusi penulis. Nama penulis harus disertai dengan institusi penulis, alamat institusi, dan alamat email, tanpa gelar akademik dan jabatan.

Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak dibuat dalam satu paragraf yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil, kesimpulan dan kata kunci (3-5 frase).

Pendahuluan. Pendahuluan harus memuat (secara singkat dan berurutan) latar belakang umum dan tinjauan pustaka (state of the art), masalah utama penelitian dan metode penelitian. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus disebutkan.

Metode. Metode Bagian yang menggambarkan partisipan, prosedur yang digunakan dalam penelitian seperti teknik pengumpulan data dan analisis data.

Hasil dan Pembahasan. Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan cara pembahasannya. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung dengan data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuan harus merupakan jawaban, atau hipotesis penelitian yang dikemukakan sebelumnya pada bagian pendahuluan. Komponen berikut harus tercakup dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa/bagaimana)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan Anda yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang telah dilaporkan peneliti lain (apa lagi)? Atau ada perbedaan? Kesimpulan dan rekomendasi).

Simpulan. Simpulan harus menjawab tujuan penelitian. Menceritakan bagaimana pekerjaan Anda memajukan bidang dari keadaan pengetahuan saat ini. Tanpa Kesimpulan yang jelas, reviewer dan pembaca akan kesulitan menilai karya tersebut, dan layak tidaknya dipublikasikan di jurnal. Jangan mengulang Abstrak, atau hanya mencantumkan hasil eksperimen. Berikan pembenaran ilmiah yang jelas untuk pekerjaan Anda, dan tunjukkan kemungkinan aplikasi dan ekstensi. Anda juga harus menyarankan eksperimen mendatang dan/atau menunjukkan eksperimen yang sedang berlangsung.

Daftar Pustaka. Literatur yang tercantum dalam Daftar Pustaka hanya berisi sumber yang dirujuk atau disertakan dalam artikel. Sumber referensi harus menyediakan 80% artikel jurnal, prosiding, atau hasil penelitian dari lima tahun terakhir. Teknik penulisan daftar pustaka, menggunakan sistem mengutip American Psychological Association (APA) Referencing Style 6th Edition. Kutipan diapit dalam intra-teks dengan referensi (nama, tahun: halaman). Contoh: (Rush, 2014: 56).