PEER REVIEW PROCESS

Publikasi artikel di Jurnal Instruktur hanya bergantung pada validitas dan koherensi ilmiah yang dinilai oleh editor dan/atau peer reviewer kami, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut mewakili kontribusi yang bermanfaat di lapangan. Jurnal Instruktur mengapresiasi upaya dan saran yang diberikan oleh para reviewernya.

Evaluasi Awal Naskah

Redaksi terlebih dahulu akan mengevaluasi semua naskah yang dikirimkan. Meskipun jarang, namun sangat layak untuk sebuah naskah yang luar biasa untuk diterima pada tahap ini. Mereka yang ditolak pada tahap ini tidak cukup orisinal, memiliki cacat ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup Jurnal Instruktur. Mereka yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke ahli untuk ditinjau.

Jenis Ulasan Sejawat

Proses peninjauan menggunakan tinjauan double-blind, yang berarti bahwa identitas pengulas dan penulis disembunyikan dari pengulas, dan sebaliknya.

Tinjau laporan

Reviewer diminta untuk mengevaluasi apakah naskah:

Asli dengan menyatakan tujuan dan kesenjangan dengan jelas

Secara metodologis mengikuti pedoman etika yang sesuai

Memiliki hasil/temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan

Merujuk pekerjaan yang relevan sebelumnya dengan benar

Reviewer tidak diharapkan untuk mengoreksi atau menyalin naskah.

Koreksi bahasa bukan bagian dari proses peer review.

Keputusan

Reviewer menyarankan editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mengambil keputusan berdasarkan laporan-laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor bersifat final.