DAMPAK PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Article Content

Azwar Anas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengertian/pemahaman Pembuatan RPP terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. (2) sejauh mana pengaruh RPP terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembuatan rencana pelakanaan pembelajar. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang hanya mengumpulkan data, tetapi disertai dengan pengolahan, penapsiran dan penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dan metoda kuantitatrif, yaitu penekanan mencari satu korelasi dengan maksud untuk melihat hubungan antara variabel dan mengukur besar erat hubungan variabel tersebut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini variabel (X) dikenal dengan variabel terikat dan variabel (Y) dikenal pula dengan variabel bebas. Variabel (X) dalam penelitian ini adalah Dampak Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Variabel (Y) adalah Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan penelitian Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  yang melibatkan 34 orang responden melalui penyebaran angket sebagai sumber data penelitian diperoleh skor tertinggi (200) dan skor terendah (141) serta rata-rata skor (mean) (170,76), dan simpangan baku (standar deviasi) (18,69) dapat dinyatakan merata. Dari perhitungan yang dilakukan terhadap jawaban responden, dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel variabel X (Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) dengan variabel Y (Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah ), yang diindikasikan oleh :



  1. Nilai rhitung sebesar 0,973 yang dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 0,361. Hal ini menunjukkan HO ditolak; H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang sangat tinggi antara variabel X (Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) dengan variabel Y (Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah  ).

  2. Nilai thitung sebesar 9,629 lebih besar dari nilai ttabel 2,05 berarti H1 = P > 0 : diterima, HO = P = 0 : ditolak, dimana thitung > ttabel.

  3. Harga koefisien determinasi yang diperoleh yaitu sebesar 76,8% berarti besarnya pengaruh antara variabel X (Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) dengan 94,8%. Sedangkan sisanya 5,2% merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa salah satu faktor keberhasilan kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah KKMI Cibungbulang  Bogor adalah dengan cara membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan hasil penelitian ini, maka RPP sangat dibutuhkan dan dominan dalam meningkatkan kinerja guru madrasah

Article Details

How to Cite
Anas, A. (2019). DAMPAK PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 2(2), 68-76. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.58
Section
Articles

References

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Rajawali Press, 2010)

Agustini, R. R. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STAD DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMK. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 32-41.

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos, 1999)

Bintoro Tjokroamidjojo, Pengantar Administrasi Pembangunan, ( Jakarta: LP3ES, 1996)

Fremont E.Kost dan James E.Rasezweig, Organisasi dan Manajemen, (terjemahan A.Hasymi Ali) (Jakarta: Bumi Aksara,2002)

Jason A. Colquitt, Jeffery A. Lepine dan, Michael J. Wesson. Organizational Behavior,Improving Performance and Commitment in the Workplace. (Boston: McGraw-Hill, 2009)

John R. Schermerhorn, Jr, James G. Hunt & Richard N. Osborn, Organizational Behavior (New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2005)

John R.Schermerhorn, Jr., Manajemen, terjemahan M.Parnawa Putranta dan Kawan-kawan (Yogyakarta:Andi,1998)

John W. Newstrom, Organizational Behavior: Human Behavior at Work. (New York: McGrew Hill,

Mello, Jeffrey A. Strategic Human Resource Management. (Cincinnati, Ohio: South-Western College Publishing, 2002)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Menefektifkan PAI di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004)

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Disekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2007)

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Rosda Karya, 2001

Riyad, M. (2019). MEGUKUR PROFESIONALITAS KINERJA GURU MELALUI PROGRAM PROFESI GURU DALAM JABATAN (PPG-DALJAB). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 27-35.