KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH (HAMKA)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Globalisasi telah membawa banyak perubahan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Selain berdampak positif, hal tersebut juga membawa dampak negatif bagi gaya hidup remaja dan perilaku mahasiswa seperti budaya barat yang mencemari gaya hidup mereka, membawa mereka pada kehidupan materialistis, hedonisme dan seks bebas. Perguruan tinggi sebagai pembentuk generasi penerus memiliki peran penting untuk menjadikan mereka sebagai generasi yang unggul. Untuk itu pendidikan akhlak telah dilaksanakan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hamka adalah salah satu ulama Islam terbesar yang lahir di Indonesia. Pemikirannya mendapat banyak apresiasi dari masyarakat Indonesia. Sebagai ilmunya yang luas sehingga ia bisa menulis banyak buku dalam disiplin ilmu apa pun, terutama di tasawuf dan pendidikan. Sehingga penulis mencoba meneliti pemikirannya dalam pendidikan moral, seperti konsepnya tentang moral dan karakteristik pendidikannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mencoba merekonstruksi secara sistematis pemikiran Hamka dalam pendidikan akhlak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan konsep moral dan karakteristik pendidikan moral menurut Hamka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak menurut Hamka adalah sikap atau perilaku hidup, karena pembinaan dan pembiasaan dalam melakukan perbuatan baik, secara teratur menjadi wataknya. Konsep pendidikan akhlak Hamka berlandaskan nilai-nilai tauhidullah, dengan tujuan mencapai kebahagiaan dengan mengenal Allah (Marifatullah). Dan ruang lingkup pendidikan akhlaknya adalah akhlak agama, akhlak dalam masyarakat, dan akhlak terhadap umat manusia. Dimana proses pendidikan moral pada pemikiran Hamka harus dilakukan dengan metode pelatihan dan kostum, maka pola yang baik membentuk guru. Sebagai mata pelajaran pendidikan akhlak ini menurut Hamka harus memperhatikan keseimbangan pendidikan jasmani dan pendidikan rohani untuk mendapatkan tujuan dari pendidikan akhlak ini, yaitu kebahagiaan
Rincian Artikel
Referensi
Abrasyi, Muhammad Athiyah Al-, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1974
Ahmad, Nurwadjah EQ, Pemahaman Hamka dan TM. Hasbi Ash Shiddieqy Mengenai ayat-ayat yang berkaitan dengan Politik, Ekonomi, dan Ilmu Pengetahuan: Studi terhadap Pemahaman Hamka dalam al-Azhar dan TM. Hasbi Ash Shiddieqy dalam an-Nur, Disertasi, Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1998.
Ali, Fachryi, Hamka dan Masyarakat Islam Indonesia; Catatan Pendahuluan Riwayat dan Perjuangannya, dalam Prisma, Februari 1983
Aly, Hery Noer, Watak pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2008
Amin, Ahmad, Etika (ilmu Akhlak), Jakarta: PT Bulan Bintang, 1993
Amin, Maswardi Muhammad, Pendidikan Karakter Anak Bangsa, Jakarta: Baduose Media
Ammar, Mahmud al-Mishri Abu, Ensiklopedia Akhlak Muhammad Saw., Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2009
Antonio, Muhammad Syafi’i, Ensiklopedi leadership dan manajeman Muhammad Saw; The Super Leader Super Manager, Jakarta: Tazkia Publishing, Jilid 6, 2010
Arifin, H.M. M.Ed., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991, Cet. 1
Armas, Adnin, Konsep Manusia dalam Islam, dalam kumpulan makalah Islamic Worldview, Bogor : UIKA, 2008.
Attas, Muhammad al Naquib al-, Konsep Pendidikan Dalam Islam, Bandung: Mizan, 1988
Baharudin dan Moh. Makin, Pendidikan Humanistik, Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia, 2007
Basyir, Ahmad Azhar, Miskawaih, Yogyakarta : Nurcahaya, 1983
Chair, Abd, Pemikiran Hamka dalam Bidang Akidah, Tasauf, dan Sosial-Politik., Disertasi, Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1996.
Daradzat, Zakiah Kepribadian Guru, Jakarta : Bulan Bintang, 1982
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jilid 1, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 1999
Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia
, Ihya Ulumiddin, Beirut : Isa al-Baby al-Halaby, tt.
_________, Ihya Ulumiddin, terj. Ismail Yakub, Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd, jilid 2, cet IV, 1998
_________, Mizan al-Amal, Sulaiman Dunya (ed), Kairo : Dar al-Ma’arif, 1964
Hamalik. Oemar, Pengajaran Unit, Bandung: Alumni, 1982
Hamka, Dari Hati ke Hati; Tentang Agama, Sosial Budaya, Politik, Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002
_________, Ghirah dan Tantangan terhadap Islam, Jakarta : Pustaka Panjimas, 1982
_________, Kenang-kenangan Hidup 2, Jakarta: Bulan Bintang, 1979
_________, Kenang-kenangan Hidup I, Jakarta: Bulan Bintang, 1979
_________, Lembaga Budi, Jakarta : PT Pustaka Panjimas, 2001
_________, Lembaga Hidup, Jakarta: Pustaka Panjimas, 2001
_________, Pandangan Hidup Muslim, Jakarta: Bulan Bintang, 1992
_________, Pelajaran Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1956
_________, Tafsir Al-Azhar, Juz I, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1998
_________, Tafsir Al-Azhar, Juz x, Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, Cet V, 2003
_________, Tasauf Modern, Jakarta : Pustaka Panjimas, cet IV, 2003
_________,Falsafah Hidup, Singapura : Pustaka Nasional PTE LTD, tt.
Hamka, Irfan, Ayah, Jakarta: Republik Penerbit, 2013
Hamka, Rusydi, Pribadi dan Martabat Buya Prof. Dr. Hamka, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983
Hasan, Muhammad Tholchah Dinamika Kehidupan Religius, Jakarta: Listafariska Putra, cet V, 2008
Hasyimi, Sayid Ahmad al, Mukhtar al Ahadits al Nabawiyah, Al Haramain, 2005
Hawa, Sa’id, Intisari Ihya Ulumuddin; Mensucikan Jiwa, Terj. An-Nur Rafiq Saleh, Jakarta: Robbani Press, 1999
Husaini, Adian, Pendidikan Islam;Membentuk Manusia Berkarakter & Beradab, Jakarta: Cakrawala Publishing
Jauhari, Muhammad Robi’ Muhammad, Akhlaquna, Madinah Munawaroh: Maktabah Dar Fajri Al-Islamiyyah, 2006
Khalafallah, M. Ahmad Masyarakat Muslim Ideal, terj Hasbullah Syamsuddin, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008
Komandoko,Gamal, Ensiklopedia Istilah Muslim, Yogyakarta: Cakrawala, 2009
Mahami, Muhammad Kamil Hasan al- Ensiklopedi Al-Qur’an, terj Ahmad Fawaid Syadzili, Jakarta: PT Karisma Ilmu, Jilid 3, 2007
Mahjuddin, Akhlak Tasauf; Mu’jizat Nabi, karamah Wali, dan Ma’rifah Sufi, Jakarta: Kalam Mulia, 2009
Mahmud, Ali Abdul Halim, Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani, 2004
Manawy, M. Abdurrouf, Al-Jami’ Ash-Shagir lil Manawy, Darul Ihya, 1954
Maraghi, Ahmad Mushtafa, Tasir al Maraghi, Beirut: Daar Ihya’, tt., Juz 1
Marimba, Ahmad. D, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rif, 1980
Mastuhu, Perkembangan Psikologi Agama & Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : PT Logos Wacana Ilmu, 1999
Masyhur, Kahar, Membina Moral & Akhlak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1994
Miskawaih, Ibn, Tahdzib al-akhlaq wa Tathir al-A’raq, Beirut: Mansyuriat Dar Maktabat al-Hayat, 1398
__________, Ibn, Kitab al-Sa’adat, Mesir: Al-Matba’ah Al-Mishriyah, 1346 H
Mohammad, Herry, dkk, Tokoh-tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20, Jakarta: Gema Insani, 2006
Muchtar, Heri Jauhari, Fikih Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 2008
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001
Munawar, Said Aqil Husin Al-, Aktulisasi Nilai-nilai Qur’ani; Dalam sistem pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003
Musa, M. Yusuf, Falsafat al-Akhlaq fi al-Islam, Kairo: Mu’assasah al-Kahanji, 1963
Muslich, Masnur Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: PT Bumi Aksara
Nata, Abuddin, Akhlak Tasauf, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012
_________, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005
_________, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2001
Nizar, Samsul, Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Nurwahidin, Pemikiran Tasauf Hamka, Tesis, Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1995
Rahmat, Effendi, HM. dkk, Memperbaiki Gonjang-ganjing Akhlak Bangsa, Bandung : Pustaka Al-Fikriss, 2013
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011, Cet. 9
Roqib, Moh, Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, Yogyakarta: LkiS, 2009
Rosidin, Dedeng, Akar-akar Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist, Bandung : Pustaka Umat, 2003
Rosyadi, Imron Faham Teologi Ahl Sunnah Wal Jama’ah menurut Hamka, Tesis, Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1995
Saebani, Beni Ahmad dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010
_________, Beni Ahmad dan Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Shibab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung : PT Mizan Pustaka, Ed II, 2013
________, M. Quraish Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Tangerang: Lentera Hati, Vol 1, Cet III, 2005.
Steenbrink, Karel A. “HAMKA (1908-1981) and the Integration of the Islamic Ummah of Indonesiaâ€, dalam Studia Islamica, Vol. I, No. 3, 1994; Karel A. Steenbrink, Hamka (1908-1981): A Mistical Teacher as Political Leader of the Islam in Indonesia, Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1982.
Syafri, Ulil Amri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Syaibani, Omar Mohammad al Toumy al-, Filsafat Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979