ANALISIS KURIKULUM DAN APLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI AKADEMI KEBIDANAN CITAMA DEPOK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam dunia pendidikan, kurikulum berfungsi sebagai alat untuk tercapainya tujuan pendidikan. Dalam suatu lembaga pendidikan kurikulum PAI yang diberikan harus sesuai dengan profesi yang akan ditekuni peserta didik di masyarakat. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis kurikulum dan aplikasi Pendidikan Agama Islam di Akademi Kebidanan Citama Depok dari 4 (empat) aspek yaitu materi/bahan ajar, metode pembelajaran, tehnik evaluasi dan buku sumber pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kurikulum dan aplikasi PAI di AKBID Citama Depok.Hasil penelitian kurikulum PAI di AKBID Citama Depok, menunjukkan bahwa : (1) Materi/bahan ajar PAI di AKBID Citama Depok sesuai dengan profesi bidan/tenaga medis agar tercapainya tujuan pendidikan berdasarkan Al Qur’an dan Hadits serta ketetapan pemerintah. (2) Metode pembelajaran yang diterapkan mendukung tercapainya tujuan pendidikan, bervariasi dan melibatkan peserta didik. (3) Tehnik evaluasi yang digunakan sudah baik, karena telah menggunakan 4 ( empat ) unsur penilaian yaitu UTS ( 20 % ), UAS ( 50%), kuis/seminar ( 10% ) dan penugasan ( 20 % ). (4) Kebijakan penggunaan buku sumber pembelajaran utama dan buku anjuran tidak bijaksana karena menggunakan buku-buku dari 5 ( lima ) agama di Indonesia. Aplikasi pembelajaran PAI di AKBID Citama Depok berjalan baik sesuai ketentuan yang termuat dalam kurikulum PAI, dosen menyampaikan materi secara berurutan dan dapat mengkondisikan kelas sebaik mungkin dengan memberikan contoh berbusana dan bertingkahlaku sesuai syariat agama. Buku sumber pembelajaran PAI menggunakan Al Qur’an dan Hadits sebagai sumber utama dan buku yang relevan. Untuk AKBID Citama Depok sebaiknya ada penambahan jam belajar PAI, praktek lapangan dan memasukkan unsur agama dalam setiap kegiatan pendidikan
Rincian Artikel
Referensi
Al-Abrasyi, Muhammad, Athiyah 1975, Al-Tarbiyah al Islamiyah wa falsafatuhu, Kairo,Isa al-Babiy.
An Nahlawi. Abdurrahman, 1993, Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta : Gema Insani Press.
Baharuddin. H. 2009. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Yogjakarta : Ar Ruzz.
Nata. Abuddin, 2005. Managemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Kurikulum Islam di Indonesia. Bogor : Kencana.
Hamalik, Oemar, 2006, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
---------------------,2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syah. Darwyn 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Gaung Persada Press.
Kesehatan Dalam Perspektif Al Qur’an, 2009
Zamakhsyari, N. I. A. (2018). MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL–ISLAMI. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 1-9.
Muhammad, Ali, Maulana, 1980. Islamologi. Jakarta : PT. Ikhtiar Baru.
Riva’i, F. A., & Nurdianti, M. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA DALAM TEMBANG LIR-ILIR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 44-53.