PENGARUH METODE GURU PENDIDIKAN BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs BINA UMMAT BOGOR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Guru Pendidikan Bahasa Arab dalam mengajar terhadap peningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Arab di MTs Bina Ummat. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni data berupa angka-angka yang berkaitan dengan tema penelitian. Berdasarkan pada pengelolahan data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Metode guru Bahasa Arab dalam memotivasi siswa di MTs Bina Ummat Bogor berada pada kategori “sedangâ€, dan tingkat minat belajar siswa Bahasa Arab di MTs Bina Ummat juga berada pada kategori “sedangâ€. Metode guru pendidikan bahasa arab sangat berpengaruh terhadap motivasi dan minat belajar siswa
Rincian Artikel
Referensi
Abrar, Muhammad. "Fa'Äliyyah TathbÄ«q TharÄ«qah Puzzle fÄ« TachsÄ«n Qudrah Takallum at-TalÄmÄ«dz di Madrasah SabÄ«l at-Taqwa ats-TsÄnawiyyah Margomulyo Luwu Timur." Arabia 12.1 (2020).
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, SuatuTinjauanTeoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Asmani, Jamal Ma’mur, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2010
Culsum, Ummu dan Winda Novia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.2006
Dimyati, dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015
Komaruddin, Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 2000
Tia, L. T. A. (2018). EFEKTIVITAS BAHASA ARAB DALAM MENULIS KARANGAN DI MA UMMUL QURO AL-ISLAMI. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 31-34.
Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.