HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SISWA DI SMPN 3 CIHAMPELAS KBB
Isi Artikel Utama
Abstrak
Adanya pelajaran agama islam untuk menghasilkan perilaku budi pekerti yang baik bagi siswa diajukan sebagai permasalah penelitian untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran hubungan hasil belajar PAI dengan perilaku siswa signifikan atau tidak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksplanasi. Metode ini digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh antar variabel yang dihipotesiskan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII/C SMP Negeri 3 Cihampelas dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang sebagai populasi dan diambil sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Angket yang diberikan kepada siswa sebanyak 23 butir pernyataan yang berhubungan dengan hasil belajar PAI dan yang berhubungan perilaku siswa sebanyak 40 butir pernyataan. Temuan hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara hasil belajar PAI dengan perilaku siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil perbandingan  dan  yaitu 0,824 ≥ 0,308 dengan besaran kontribusi sebesar 2,97 dengan kategori cukup. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hubungan antara hasil belajar PAI dengan perilaku siswa signifikan.
Rincian Artikel
Referensi
Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Handayaningsih, R., & Nusantara, T. (2021). Profil multiple intelligences dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 20-32.
Mulyasa, E. (2008). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan: kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Pohan, N. (2017). Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 1(2), 15-28.
Pulungan, S. (2017). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran PAI. Query: Journal of Information Systems, 1(01).
Rahayu, S. M., & Heriansyah, M. (2019). Konseling Kesehatan Mental untuk Mengatasi Perilaku Negatif pada Remaja. Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 68-72.
Sukardi, H. M. (2015). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.
GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.
Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.