PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM BERPOLA KURIKULUM MERDEKA DI SMK MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR

Isi Artikel Utama

Lukman Anwar
Endin Mujahidin
Syamsul Rizal Mz

Abstrak

Perencanaan kurikulum merupakan bagian yang menentukan baik tidaknya lembaga pendidikan yang akan mendemonstrasikan penerapan kurikulum ini dalam proses pembelajaran, yang tujuan akhirnya adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan perlu memiliki rencana pengembangan kurikulum yang sangat matang untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Kurikulum Pendidikan Islam adalah pengalaman belajar. Semua kegiatan pembelajaran yang berlangsung di lembaga pendidikan merupakan bagian dari kurikulum, baik di luar maupun di dalam kelas. Sekolah adalah miniatur masyarakat. Jika sekolahnya baik, maka masyarakat juga demikian. Dalam mengembangkan kurikulum, semua pihak yang terlibat dalam penyusunan perencanaan kurikulum perlu bekerja sama dengan baik. Merencanakan kurikulum memerlukan persiapan dan strategi yang matang karena itu perlu mempertimbangkan berbagai aspek keunikan kurikulum yang dapat menjadi pembeda dengan sekolah lain. SMK Muhammadiyah Kota Bogor menerapkan dua model kurikulum, yaitu “Kurikulum Pendidikan Al-islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Holistik- Integratif Berpola Kurikulum Merdekaâ€. Kedua model tersebut digabungkan atau diintegrasikan ke dalam mata pelajaran sehingga sesuai dengan harapan, komponen pedagogik harus bekerja sama dalam bentuk perencanaan yang matang dan kesiapan penuh untuk mencapainya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anwar, L., Mujahidin, E., & Rizal Mz, S. (2023). PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM BERPOLA KURIKULUM MERDEKA DI SMK MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.436
Bagian
Articles

Referensi

Kurikulum Pendidikan Al- Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Holistik-Integratif berpola Kurikulum Merdeka.

Alfarisi, S. (2020). “Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah.†Rayah Al-Islam 4(02):347–67.

Anan Nur 2011. Manajemen Perencanaan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.

Ardimoviz. 2017. Manajemen Kurikulum.

Arifin, H.M. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zainal, 2014 “Konsep dan Model Pengembangan Kurikulumâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asy Syaibaani, U. (1988). Falsafatu at Tarbiyah al Islamiyah. Ad daar al

‘Arabiyah Lil Kutub.

Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkahlangkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Dedi Lazwardi. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 101.

Depdiknas. (2003). Undang Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Fitriani, F. (2019). “Proses Perencanaan Total Quality Management Dalam Pendidikan Islam†Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 171-183.

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2). https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Rajawali pers.

Hamalik, O. (2010). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasan Baharun, S. A. (2018). Curriculum Development Through Creative Lesson Plan. Cendikia, 16(1), 41–62.

Hasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah, 1(2), 318–330.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam†Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34-44.

Kasmawati. (2019). “Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Lembaga Pendidikan Islamâ€.

Kisbiyanto, 2015 “Manajemen Kurikulum Manajemen Kurikulum Bidang Teaching and Learningâ€, Jurnal ThufuLA 3

Lazwardi, D. (2017). “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan†Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

M. Arif Khoirudin, 2013 “Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikanâ€, Jurnal Manajemen Kurikulum 24 .

Muhaimin, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.

PT Rajagrafindo, Jakarta.

Muhammad Busro dan Siskandar. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Edutama, 3(2), 31–48.

Oemar Hamalik. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari Rudiyati. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklisif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. UNY JOURNAL, (2), 296– 306.

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). “Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul†AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29-54

Triwiyanto, Teguh .2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Usman, H. (2012). Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. In PT. Remaja

Rosdakarya. PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

AM, Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia: UI. Press, 1992.

Bogdan, Robert, dan Steven J. Taylor, Kualitatif, Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005 Muhaimin, Manajemen Pendidikan, Aplikasi dalam penyusunan Rencana Pengembangan

Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya.

Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Jakarta: Erlangga, 2007.

Saefullah, U. dan Boedi H Abdullah, Manajemen Pendidikan Islam, Indonesia: CV Pustaka Setia, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2008 Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2005. Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan, Medan: Perdana Publising, 2015.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.

GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama