ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN MEDIA DARING DI SMPIT Al-ISLAH CIBINONG

Isi Artikel Utama

Suci Sofralda
Atika Latifa Ulfat
Aglam Maulana Pawira

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan dan hak dasar manusia. Apapun latar belakang keluarga, keturunan, dan kemampuan ekonominya. Setiap manusia tidak boleh dilarang untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas. Sesuai yang tertulis di UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Bab 4 pasal 5 menyebutkan bahwa, “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutuâ€. Komunikasi yang baik adalah modal penting bagi proses pembelajaran. Menghadapi situasi dan kondisi saat ini, semua negara harus menghadapi pendemi Covid 19. Yang mengakibatkan semua negara   harus  melindungi warganegaranya salah satunya anak-anak. Pemerinntah melarang kegiatan pembelajaran tatap muka langsung di kelas. Agar kegiatan pembelajaran tetap bisa berlangsung maka digunakan media dalam jaring (daring). Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan adalah metode campuran (Mixed Method Research) yaitu, dengan menggabungkan antara jenis penelitian kualitatif dengan kuantitatif. Seluruh siswa-siswi yang menjadi koresponden merasakan lebih nyaman pembelajaran secara langsung (tatap muka) karena menurut mereka penjelasan yang diberikan guru akan lebih masuk ketika dijelaskan langsung dan apabila secara langsung kita dapat langsung bertanya apa yang tidak kita paham. Dari wawancara koresponden dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa siswa senang belajar menggunakan media daring, karena berbeda, pengalaman baru dan bisa bermain handphone saat belajar. Namun mereka juga mengalami kesulitan karena sulit bertanya dengan guru dan kesulitan menggakses situs pembelajaran di internet. Dari kelebihan dan kekurangan belajar menggunakan media daring, siswa tetap memiilih pembelajaran secara langsung (tatap muka) sebagai sarana terbaik untuk belajar. Berdasarkan hasil data penelitian di atas dapat ditarik simpulan bahwa, pembelajaran jarak jauh menggunakan media daring di SMPIT Al-Islah Cibinong dapat berjalan cukup baik walaupun tetap mengalami kesulitan atau kendala

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sofralda, S., Latifa Ulfat, A., & Maulana Pawira, A. (2019). ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN MEDIA DARING DI SMPIT Al-ISLAH CIBINONG. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i1.49
Bagian
Articles

Referensi

Arsa, I. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Strategi Belajar yang Menyenangkan). Yogyakarta: Media Akademi.

Ashari, L. H. (2016). Journal of Educational Research and Evaluation 5 (1). INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PEER ASSSESSMENT BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DALAM PERMAINAN BOLA VOLI, 11.

Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.

Heryanto, Gun Gun. (2018). Media Komunikasi Politik, Yogjakarta: IRCiSoD.

Masrizal. (2011). MIXED METHOD RESEARCH. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 6, 54.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 334.

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 24-29.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sobirin. (2018). Kepala Sekolah, Guru dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.