STUDI ANALISIS PENDIDIKAN ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM PENDIDKAN ANAK DALAM ISLAM PERSPEKTIF ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FILL ISLAM

Isi Artikel Utama

Zaidul Hudri
Ahmad Khumaidi
Taufiqurohman

Abstrak

Melemahnya pendidikan anak yang terjadi di Indonesia serta permasalahan yang dialami pendidikan nasional dan pendidik Islam serta meningkatnya kenakalan yang dilakukan anak. mengidentifikasi perlunya peningkatan pendidikan anak, pendidikan yang tidak sekedar terpusat pada kepintaran kognitif belaka melainkan pendidikan yang menjangkau bidang akhlak dan kepribadian sesuai ajaran agama. Riset ini bermaksud untuk menjelaskan metode dan materi yang disampaikan oleh Abdullah Nasih Ulwan. ini menggunakan jenis penelitian perpustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik akumulasi datanya adalah analisis dokumen dan isi sebagai teknik analisis. Ada beberapa temuan dari penelitian ini, yaitu Abdullah Nasih Ulwan berpendapat bahwa pendidikan anak dalam Islam lebih memperhatikan akhlak dan aqidah anak. Menurut Ulwan, ada beberapa materi yaitu: pendidikan akidah, akhlak, intelektual, jasmani, psikis, dan sosial. Ia berpendapat bahwa metode pendidikan mencankup: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian, dan metode hukuman.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zaidul Hudri, Ahmad Khumaidi, & Taufiqurohman. (2024). STUDI ANALISIS PENDIDIKAN ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM PENDIDKAN ANAK DALAM ISLAM PERSPEKTIF ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FILL ISLAM. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 7(1), 35-45. https://doi.org/10.51192/almubin.v7i1.757
Bagian
Articles

Referensi

Nabila, Nabila. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 05 (2021): 867–875.

Nurhayati, Raden. “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 3, no. 2 (2020): 57–87.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006.

Rohman, Fatkhur. “Tanggung Jawab Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam” 12, no. 2 (2020): 171–188.

Rozi, Bahru. “Problematika Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019): 33–47.

Saihu. “Pendidikan Sosial Yang Terkandung … Pendidikan Sosial Yang Terkandung …” 09, no. 01 (2020): 127–148.

Saihu, Made. “Eksistensi Manusia Sebagai Khalifah Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 02 (2022): 400–414.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasikan Standar Proses Pendidkan. V. Jakarta: kencana, 2008.

Septiarini, Ira, and Siti Rahmawati. “Upaya Pembinaan Akhlak Anak Di Kalangan Ustadz/Ustadzah Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 20, no. 2 (2020): 2.

Suhendra, Dede. “Jumlah-Pelanggaran-Naik-Signifikan-Dominan-Remaja-Dan-Anak-Di-Bawah-Umur.” Pos,Belitung.Co.

Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, and Syarnubi Syarnubi. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 3 (2023): 449–466.

Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyatul Aulad Fil Islam: Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: KHATULISTIWA Press, 2020.

Wardanik, Yuliana, Devy Habibi Muhammd, and Ari Susandi. “Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali Dan Abdullah Nashin Ulwan.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 480–487.