KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA DALAM TEMBANG LIR-ILIR

Isi Artikel Utama

Fuad Ahmad Riva’i
Mira Nurdianti

Abstrak

Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam tentang nilai-nilai pendidikan Islam menurut pemikiran Sunan Kalijaga yang terkandung dalam tembang Lir-ilir dan untuk di jadikan pedoman aktivitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library research). Maka dalam pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer dapat diperoleh dalam buku yang memfokuskan tentang Sunan Kalijaga. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diambil dari jurnal. Setelah melakukan pengkajian, pengamatan, penelitian dan analisa terhadap beberapa karya Sunan Kalijaga, hasil penelitian ini adalah: dalam tembang Lir-ilir karya Sunan Kalijaga terdapat nilai-nilai pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, konsep pendidik dalam pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, dan nilai pendidikan karakter. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, pendidikan Islam yang berorientasi pada proses. Penekanan materi praktik dalam pelaksanaan proses pendidikan Islam. Mengedepankan nilai-nilai akhlak dan tata karma dalam lingkungan pendidikan sebagai salah satu usaha dalam memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan Islam. Memadukan khazanah intelektual klasik dan modern dalam perencanaan, teori, dan praktik penyelenggaraan pendidikan Islam

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ahmad Riva’i, F., & Nurdianti, M. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA DALAM TEMBANG LIR-ILIR. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 1(1), 44-53. https://doi.org/10.51192/almubin.v1i1.88
Bagian
Articles