HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIRANGGAP CIGUDEG BOGOR BARAT
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mencari hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan emosional siswa kelas lima sekolah dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Siranggap, sebanyak 24 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan sampel jenuh, sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, sampel yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan wawancara. Hasil uji validitas item diperoleh 29 item kecerdasan emosional dan 33 item verbal bullying. Hasil reliabilitas verbal bullying adalah 0,913 dan kecerdasan emosional sebesar 0,890. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment menunjukan bahwa ada hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar, dengan hasil koefisien korelasi 0,523
Article Details
References
Azwar, Saifuddin. (2015) Penyusun Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar,S. (2012) Tes Prestasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita. (2017) Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Elvigro, Paresma. (2014)Secangkir KopiBully, Jakarta; PT Elex Media Komputindo.
Faliyandra, Faisal. (2019) Tri Pusat Kecerdasan Emosional, Sumedang: Literasi Nusantara.
Jong, Willem de. (2017) Pendekatan Pedagogik dan Didaktik Pada Siswa Dengan masalah dan gangguan perilaku. Depok; Prenada.
Karyanti & aminudin. (2019) Cyberbullying & Body Shaming, Yogyakarta; K-Media.
Keke, Titi. (2019) All About Bully, Jakarta; Rumah media.
Mahanggoro, Tri Pitara. (2018) Melejitkan Produktivitas Kerja dengan Sinergisitas Kecerdasa (ESPQ), Yogyakarta; Deepublish.
Muhidin, Aeng. (2017) Statistika Pendidikan Pendekatan Berbasis Kinerja. Tangerang: UNPAM Press.