INTEGRASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH TINGGI ISLAM DI ERA DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Era digital membawa tantangan baru dalam pendidikan, terutama di institusi pendidikan tinggi Islam, yang dituntut untuk tidak hanya memberikan pengetahuan akademis tetapi juga membentuk karakter mahasiswa melalui pendidikan akhlak. Artikel ini mengkaji integrasi pendidikan akhlak dalam kurikulum pendidikan tinggi Islam di era digital, dengan fokus pada tantangan dan strategi implementasi. Studi ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai akhlak dapat membantu mahasiswa menghadapi pengaruh negatif teknologi, seperti penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial. Melalui strategi seperti revisi kurikulum, pengembangan modul pendidikan akhlak, pelatihan dosen, dan kegiatan ekstrakurikuler, integrasi pendidikan akhlak dapat dilakukan secara holistik. Dengan pendekatan ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki moralitas yang tinggi untuk berkontribusi positif di masyarakat.
Article Details
References
Al-Mishri, S. M. (2019). Ensiklopedi Akhlak Rasulullah Jilid 1 (Vol. 1). Pustaka Al-Kautsar.
Aziz, Y. A. (n.d.). Implementasi Literasi Digital Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Menigkatkan Minat Baca Di SMA YP IPPI PETOJO Jakarta. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.
Frianda, F. (2023). Implementasi Penanaman Nilai Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah (di Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., & ... (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2DLZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pendidikan+inklusif+dan+aksebilitas&ots=f1ELP7gnXB&sig=SnHMeQBiFu0xVlCAJB26V5RNk7o
Maulani, A. (2012). Tranformasi Learning dalam Pendidikan Multikultural Keberagaman. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1).
Muhammad, S., Tansah, L., Hasanah, A., & ... (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. … Pusat Penelitian Dan …. https://journal.albadar.ac.id/index.php/burangrang/article/view/216
Parlindungan, D. R., Haloho, H. N. Y., Silvian, V., Syabanera, N. D., Cahyadi, L. B., Eugenia, J. F., Pattymahu, G. C. H., Kusumawardani, F., Clarissa, E. C., & Fernando, E. (2023). Literasi Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA Paskalis Jakarta Mengenai Etika Komunikasi di Media Sosial. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–211.
Putra, P., Arnadi, A., & Putri, H. (2024). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Karakter Era Digitalisasi Perbatasan Indonesia-Malaysia. Yayasan DPI.
Qurtubi, A., Rukiyanto, B. A., Rusmayani, N. G. A. L., Hita, I. P. A. D., Nurzaima, N., & Ismaya, R. (2023). Pengembangan Metode Penilaian Kinerja Guru Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3051–3061.
Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. Asadel Liamsindo Teknologi.
Ritonga, D. I. (2015). Isu-Isu Kritis Dalam Pendidikan Mengenai Kompetensi Guru/Dosen Pada Abad 21. Jurnal Bahas Unimed, 26(2), 79390.
Rozi, B. (2017). Akhlak Tasawuf Sebagai Alternatif Dalam Memecahkan Problematika Masyarakat Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 44–62.
Somsom, S., Alamanda, R., Maharani, D., Ruhamafillah, S., Jannah, I. C. C., & Arum, D. P. (2024). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Digital. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(11).
Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.
Wijaya, H. C. (2016). Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).