PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI IBNU ‘AQIL BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan setelah peneliti melaksanakan dua siklus penelitian adalah minat belajar siswa kelas dua di MI Ibnu ‘Aqil meningkat dan siswa-siswi menjadi bersemangat ketika proses pembelajaran
Article Details
References
Afandi, M., Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan ‎Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.‎
Aribowo, Andi P., 2018.â€Penerapan Model Role Playing Pada Mata Pelajaran ‎PKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Guwo 03 ‎Patiâ€. Skripsi: Universitas Muria Kudus.‎
Ari Yanto, 2015. Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil ‎Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, ‎Volume 1 No.1, Januari.‎
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.‎
Fatmawati, S. 2015. Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran ‎Sains ‎Terpadu. Yogyakarta: Deepublish.‎ ‎
Fauziah, Lailatul. 2012. “Penerapan Metode Role Playing Sebagai Upaya ‎Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar PKN Pada Siswa kelas IV MI ‎Miftahussibyan Welahan Jeparaâ€. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga ‎Yogyakarta.‎
Habati, 2017. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University ‎Press. ‎
Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana ‎Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Transformatif). Medan: Perdana ‎Publishing.‎
Jam’an, 2018. “Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Kajian teori dan Praktik.†‎Kebangkitan Arab, No.4 Edisi 1,2 Januari-Juni 2018‎
Kiromim Barohah, 2011. Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karaktee Peserta Didik ‎Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi&Pendidikan, ‎Volume 8, No. 2.‎
Lestari, Septi Ayu. 2018. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Role ‎Playing Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV MIS Al-Hidayah ‎Percut Sei Tuanâ€. Skripsi: UIN Sumatera Utara Medan.‎
Libuka, Bahmid, Anthonius Palimbong, dan Jamaludin. 2014. Meningkatkan ‎Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi Di ‎Kelas IV SDN Tolulos Kecamatan Peling Tengah. Jurnal Kreatif ‎Tadulako Online Vol. 2, No.2.‎
Moeloeng, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja ‎Rosdakarya.‎
Ni’mah, Khoirun, 2015. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk ‎Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah ‎Kelas X IIS 3 MAN Kediri 2 Kota Kediriâ€. Skripsi: UIN Maulana Malik ‎Ibrahim Malang.‎
Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai ‎Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.‎
Republik Indonesia, 2014, “Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan ‎No.103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran ‎Pendidikan Dasar dan ‎Pendidikan Menengah pasal 2‎."‎
Sapuadi, 2019. Strategi Pembelajaran. Medan: Harapan Cerdas.‎
Widiarti, Rizqi. 2014. “Metode Pembelajaran PKN Kelas Rendah dan Kelas ‎Tinggi Di MI Muhammadiyah Tamansari Kecamatan Karangmoncol ‎Purbalinggaâ€. Skripsi: STAI Negri Purwokerto.‎
Yusuf, Munir, 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit ‎Kampus IAIN Palopo‎