PENGARUH METODE BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA dI MI AL-QOLAM CIBUNGBULANG BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel X yaitu metode mind mapping terhadap variabel Y minat belajar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Dalam model ini terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji “tâ€. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis thitung= 8,321 > ttabel=1,671 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi metode mind mapping terhadap minat belajar siswa di MI Al-Qolam
Article Details
References
Alfianika, Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia, (Yogyakarta)
Bungin Burhan, (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Jakarta; Kencana).
Buzan Tony, (2008). Buku Pintar Mind Mapping. (jakarta; PT Gramedia).
Buzan Tony, (2008). Buku Pintar Mind Map. (jakarta; pt gramedia pustaka utama).
Djaali, (2012). Psikologi Pendidikan. (Jakarta PT bumi aksara).
Faturohman Imam dkk, (2017). Implementasi Model Pembelajaran Penjas dan Modifikasi Alat Belajar, (sumedang: aula ptsa sumedang).
Grasido Tim, (2020). “Super Smart Mind Mappingâ€. (Jakarta: pt grasido).
Herujulianti Eliza dkk. (2002). â€Pendidikan Kesehatan Gigi†(Jakarta: buku kedokteran).
Hanifa Halid, La Adu. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di sekolah (siduarjo: deepublish).
Hary hermawan. (2018). Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan, (open sciene framework).
krisno Budiyanto Agus. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning, (cet. Pertama. Malang: UMM Press).
Nanang Martono, (2016) Metode Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Rajawali Pres).
Nirmala Siska, pikiranrakyat.com 2020, Hlm 01
Republik indonesia, Undang-Udang Dasar RI nomor 14 Tahun 2005, Bab I, Pasal 1
Republik Indonesia, peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan no 37 tahun 2018 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013.
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar RI nomor 20 tahun 2003, bab X pasal 37
Suryaningsih Arifah. Guru Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN2015 (Oktober 2014)
Simbolon Naeklan, “faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didikâ€.
Sohimin Aris, (2013) 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum.
Syahfutra Edy. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar, (cet.pertama. Sukabumi: haura publishing)
Sodadi, (2016). “minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa†Manper Agus.
Sugiono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan R&D, (bandung: Alfabeta).
Sedarmayanti, dan Syarifudin Hidayat, Metodologi Penelitian, (Bandung; CV. Mandar Maju).
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, (Jakarta; Rineka Cipta).
Syoto Sandu, (2015). Dasar metodologi penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing,).
Aritonang, keke T Aritonang. (2008) Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan penabur.
Darusman Rijal. (2014). “Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir kreatif Matematika Siswa SMP.†infinity 02 (03)
Indrawati Aniek. (2011). “pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan konsumenâ€. Jurnal ekonomi dan bisnis. 01.
M Yusuf T Dan Mutmainnah Amin, “Pengaruh Mind Map Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa†Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, Vol, 01, No 01 (Juni 2016)
Roida eva flora siagian, “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika†jurnal formatif 02 (02)
Susanti Sri. (2016) “metode mind mapping untuk menimhkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasarâ€. Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar. 01 (01)
Yusuf T M Dan Amin Mutmainnah, (2016) “Pengaruh Mind Map Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa†Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01 (01)