EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, efktivitas serta faktor yang mempengaruhi pembelajaran kita Ta’limul Muta’allim dalam meningkatkan akhlakul karimah santri. Kitab Ta’limul Muta’allim adalah salah satu rujukan yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai moral. Latar belakang penelitian ini untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim yang dilaksanakan satu minggu sekali memberikan dampak positif terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik. Efektivitas pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dipengaruhi oleh metode pembelajaran, lingkungan pesantren serta pengawasan dan keteladanan yang diberikan oleh para ustadz ustadzah di pesantren
Article Details
References
Muhammad Yusuf Maulana Reksa, and Huriah Rachmah. (2022) “Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 115–20. doi: 10.29313/jrpai.v2i2.1484.
Rohmawati, Afifatu (2015) “Efektivitas Pembelajaran Afifatu.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(1):15–32.
Sumiarti, Sumiarti, Usman Usman, Muhammad Hadi, Novizal Wendry, and Meki Johendra (2021). “Tujuan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali Ditinjau Dari Perspektif Hadis”. El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu 1(2):148–61. doi: 10.19109/elsunnah.v1i2.8917