PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP AKHLAK
Main Article Content
Abstract
Game adalah permainan yang dapat diakses melalui media elektronik dan biasanya berbentuk multimedia untuk menghindari kebosanan serta memberikan rasa kepuasan kepada pemain. Namun, game online juga dapat memengaruhi akhlak dan perkembangan anak secara signifikan. Permainan ini mampu mengubah perilaku seseorang yang awalnya berakhlak terpuji menjadi akhlak yang tercela jika dimainkan secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap akhlak siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif inferensial dengan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata seluruh pernyataan mengenai game online mencapai 39,31%, yang menunjukkan banyak siswa cenderung setuju bahwa game online memiliki daya tarik tertentu. Namun, pandangan mengenai akhlak siswa hanya mencapai 33,43%, menunjukkan kondisi yang kurang baik. Ini menandakan meskipun game online mungkin dianggap positif dalam beberapa aspek, kualitas akhlak siswa bisa menurun jika intensitas bermainnya terlalu tinggi, yang dapat menyebabkan penurunan tanggung jawab, disiplin, dan kesadaran moral
Article Details
References
Dzajuli, M. F. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Al-Husna Cimanggis Depok. Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah Jakarta. Skripsi Muhammad Fahmi Dzajuli Watermark.pdf
Hakim, A. R. (2024). Dampak Bermain Game Online Terhadap Ahlak Siswa Kelas V Di SDN 1 Siswo Bangun Kec. Seputih Banyak. Studi Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri Skripsi, 53–54.
Lena, M. S., Khairanis, S., & Emilia, T. (2023). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 1(3).
Muhammad, S. A.-M. (2016). BAHAYA GAME. Solo: Aqwam
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Pratiwi, Y. E. (2019). POSITIF NEGATIF GAME ONLINE. Jombang: LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG.
Ramadhan, R. I., Asmahasanah, S., Lisnawati, S., Ibn, U., Bogor, K., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel surga yang tak dirindukan. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 162–168. https://majmuah.com/journal/index.php/kaib1/article/view/275
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tukiran, Adhha, N., & Warisno, A. (2023). Ilmu Akhlak & Tasawuf. Malang: literasi nusantara.
Rahman, I. A., Ariani, D., & Ulfa, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85–90. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i2.2438