ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPS MI/SD

Main Article Content

Rara Enmilda Putri
Yufi Latmini Lasari

Abstract

The purpose of this research is to provide a description of the difficulties faced by teachers in designing digital learning media. This study employs a qualitative method with a descriptive approach. The subjects in this research are fourth-grade homeroom teachers at SD N 06 Batipuh Selatan, with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The research instrument used consists of questions directed to the research informants, with five questions that have been answered. The research findings indicate that teachers still struggle to create digital learning media effectively

Article Details

Section
Articles

References

Abdussamad, Z. (2021). metode penelitian kualitatif. CV. syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian

Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika

Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. Jurnal Serambi Akademica,

(1), 1–14.

Hafzah, N., Puri Amalia, K., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar

Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(4), 541–549.

https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958

Iman, G. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah

Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

Miftah, M. (2013). FUNGSI, DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN

KEMAMPUAN BELAJAR SISWA. 95–105.

Nugraha, A. T., Hidayat, A., & Ilyas. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis

Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Ekonomi Akuntansi, 5(1), 1–9. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/318

Nurseto, T. (2015). MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK Oleh: Jurnal Ekonomi &

Pendidikan, 8(1), 19–35. https://media.neliti.com/media/publications/17286-ID-membuat-

media-pembelajaran-yang-menarik.pdf

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: WaRachmawati, I. N.

(2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan

Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184wancara. Jurnal Keperawatan

Indonesia, 11(1), 40.

Safrizal, S., Marneli, D., & Anastasha, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe

Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN

Sawah Tangah. Bada’a:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 151–164.

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.584

Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). Pengembangan Media Komik Digital

Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and

Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15

Sartika, E. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Eka Sartika 1. In

Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya (Vol. 11, Issue 2).

Selmedani, S., Septiana, V. W., & Lasari, Y. L. (2021). Penggunaan Model Sq3R Untuk Meningkatan

Hasil Belajar Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd. Jurnal Kajian Dan

Pengembangan Umat, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2657

Sugianto, Widodo, J., Masrukhi, & Priyanto, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran IPS berbasis Media

Animasi di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 1001–1006.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar

siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137.

https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Sunarti, S., M, A., & Vebrianto, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Sains

Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal

Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 76–80. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18508

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode

Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan

Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Wijaya, V. A., Adisel, A., & Citra Dewi, D. E. (2022). Perencanaan Guru IPS dalam Menggunakan Media

dan Bahan Ajar Berbasis Digital: Studi Kasus di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Indonesian

Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(2), 169. https://doi.org/10.29300/ijsse.v4i2.6866

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online

di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211.

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941