METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Main Article Content

Abstract

The historical past of this research is the low speakme competencies of students at primary faculty level. This study targets to observe the impact of the role playing getting to know approach on college students' talking capabilities in class IV Indonesian at SD Negeri Leuwiliang 04. The studies method used is quantitative with an simplest manipulate institution design, the sample studied turned into 20 college students. testing in research uses assemble validity checks and reliability exams. records analysis used the unbiased samples T-check after going through the prerequisite test ranges including normality exams and homogeneity assessments. The results of these studies received from the impartial samples T-test that the importance cost (2-tailed) turned into 0.000, so Ho became rejected and Ha became typical. Based totally on the outcomes of the studies and calculations above, it suggests that the function gambling getting to know approach has a large impact on students' speaking abilities

Article Details

Section
Articles

References

Adini, N. (2021). Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Riau: DOTPLUS Publisher.

Amri, Y. (2015). Bahasa Indonesia: Pemahaman Dasar-Dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku.

Burhan, N. (2014). Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Faizah, U. (2020). Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning. Yogyakarta: Media Perkasa.

Isah, C. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.

Miftahul, H. (2016). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, R. (2021). Keterampilan Berbicara. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Subhani & Armia. (2017). Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukiman, N & Mirnawati, P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidikan yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidik yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Wicaksono & Fahrurrozi( 2023 ). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Garudhawaca

Ilmu Udin & Siregar. (2019) Sintak 45 Implementasi metode role playing pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah darul ulum sukorambi jember. Journal Primary Education, 1(1). 17-31.

Cakra, G. Dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sdn 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1). 1-10.

Maruzzi, K & Aristya, F. (2017). Penelitian Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan. Jurnal Naturalistic, 1(2). 112-117.

Sholeh. M. & Mirnawati. M. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter pada Modul Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pembelajaran: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat,4(2),139-150.

https://doi.org/10.12928/jp.v212.1697

Pratiwi, E.C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 165 Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. [Skripsi]. Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Priatna, A & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendas, 4(2). 147-159.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, 9(4).

Adini, N. (2021). Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Riau: DOTPLUS Publisher.

Amri, Y. (2015). Bahasa Indonesia: Pemahaman Dasar-Dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku.

Burhan, N. (2014). Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Faizah, U. (2020). Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning. Yogyakarta: Media Perkasa.

Isah, C. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.

Miftahul, H. (2016). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, R. (2021). Keterampilan Berbicara. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Subhani & Armia. (2017). Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukiman, N & Mirnawati, P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidikan yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidik yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Wicaksono & Fahrurrozi( 2023 ). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Garudhawaca

Ilmu Udin & Siregar. (2019) Sintak 45 Implementasi metode role playing pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah darul ulum sukorambi jember. Journal Primary Education, 1(1). 17-31.

Cakra, G. Dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sdn 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1). 1-10.

Maruzzi, K & Aristya, F. (2017). Penelitian Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan. Jurnal Naturalistic, 1(2). 112-117.

Sholeh. M. & Mirnawati. M. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter pada Modul Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pembelajaran: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat,4(2),139-150.

https://doi.org/10.12928/jp.v212.1697

Pratiwi, E.C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 165 Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. [Skripsi]. Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Priatna, A & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendas, 4(2). 147-159.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, 9(4).

Gunawan, G., & Anbarsari, S. N. (2021). PENGARUH METODE BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA dI MI AL-QOLAM CIBUNGBULANG BOGOR. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 45-51.