RESPON KONSELI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Main Article Content

Nurodin

Abstract

Respon merupakan perwujudan dari adanya informasi dalam komunikasi yang disampaikan oleh komunikator (konselor) kepada komunikan (konseli). Komunikasi yang efektif biasanya ditandai dengan adanya respon positif dari komunikan (konseli), baik secara lisan (verbal) maupun bahasa tubuh (non verbal). Dalam pemberian layanan bimbingan konseling, sudah barang tentu adanya komunikasi yang berkesinambungan antara konselor dan konseli dalam rangka untuk mencapai keberhasilan dari layanan bimbingan konseling. Adapun permasalahan yang timbul dalam proses layanan bimbingan konseling, konseli tidak dapat memahami mencerna informasi yang disampaikan oleh konselor. Hal tersebut mengakibatkan adanya kesalahpahaman dalam interpretasi makna informasi yang disampaikan oleh konselor. Adapun tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui perhatian, pemahaman, dan sikap konseli terhadap komunikasi konselor dalam pemberian layanan bimbingan konseling di SMP Tunas Unggul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  yaitu pendekatan mendapatkan data otentik dengan cara langsung berdialog atau wawancara dengan konselor secara langsung. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan pendekatan logika. Inti keberhasilan dari respon konseli terhadap komunikasi konselor dalam pemberian layanan bimbingan konseling diketahui bahwa perhatian konseli terhadap komunikasi konselor dapat ditunjukan pada anggukan kepala, tatapan mata, dan menerima informasi yang disampaikan oleh konselor pada proses layanan bimbingan konseling. Dengan demikian respon konseli terhadap komunikasi konselor dapat diketahaui bahwa konseli merespon cukup baik terhadap komunikasi konselor dalam proses bimbingan konseling. Pemahaman konseli terhadap komunikasi konselor dapat tergambar pada sanggahan konseli saat proses bimbingan konseling, pemahaman makna informasi yang siampaikan konselor, interpretasi bahasa lisan (verbal) dan bahasa tubuh (non verbal) pada diri konselor sehingga konseli dapat menerima makna pesan yang disampaikan tanpa adanya kesalahpahaman diantara keduanya. Sedangkan sikap konseli pada komunikasi konselor tergolong cukup baik dengan dibuktikan adanya penerimaan dari sikap konseli yang merasa nyaman dan leluasa dalam proses bimbingan konseling berlangsung baik secara verbal maupun non verbal. Dari data di atas, menunjukan bahwa respon konseli terhadap komunikasi konselor dalam pemberian layanan bimbingan konseling di SMP Tunas Unggul tergamabar dari perhatian, pemahaman serta sikap penerimaan dalam segala bentuk informasi dapat diterima konseli dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman interpretasi makna informasi

Article Details

How to Cite
Nurodin. (2020). RESPON KONSELI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 28-37. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.67
Section
Articles

References

Efendi Arif. 2012, jurnal Komunikasi , http//google.com pdf, diakses pada tanggal 04 Juni 2015

Enjang . 2009, Komunikasi Konseling, Bandung, Nuansa.

Faqih Aunur Rahim. 2001, Bimbingan dan Konseling Islam, UII Press, Yogyakarta.

Jalaludin Rakhmat. 2000 Metodologi Penelititan Komunikasi, Bandung: PT. Rosdakarya

Katini Kartono. 1985, Bimbingan Dan Dasar-Dasar Pelaksanaanya, Jakarta: Rajawali.

Ketut, Sukardi Dewa. 2008, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Rineka, Jakarta.

Munir Samsul. 2013, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta, Amzah

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2009, Srtategi Layanan Bimbingan dan Konseling, PT. Reflika Anditama, Bandung.

Onong Uchjana Efendi. 2000, Ilmu Komuniasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya

Rachmat, F. (2018). MENGEMBANGKAN “KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI STIMULASI PERMAINAN ANGKLUNG†PADA SISWA-SISWI ANAK USIA DINI DI RA NURUL AMIN CITAYAM BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 8-13.

Rohmatullah, N. (2018). ANALISIS KELUARGA BROKEN HOME PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 23-29.

Sinaga, H. P., & Purnamasari, I. (2019). KESADARAN KEAKRABAN DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSELING KELUARGA PADA SISWA SMK AL HAFIDZ LEUWILIANG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 19-25.

Sugiyono. 2012, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Alfabeta, Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta