ANALISIS PEMIKIRAN DONI KOESUMA PADA PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

Nurodin

Abstract

Pendidikan karakter menjadi bagian penting bagi pembentukan dan perkembangan peserta didik di sekolah. Keberadaan pendidikan karakter di sekolah diharapkan mejadi solusi bagi kemerosotan moral anak bangsa. Penanaman nilai-nilai yang diterapkan dalam pengajaran sebagai bentuk kesungguhan kepedulian pendidikan dalam membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik. Demi terciptanya keberhasilan penerapan pendidikan karakter di sekolah harus terintegrasinya pengajaran, tujuan, sistem kelembagaan serta kurikulum yang dikembangkan di sekolah. Penerapan pendidikan karakter disekolah memerlukan adanya pendekatan-pendekatan sebagai metode yang efektif untuk membentuk karakter peserta didik yang positif. Penerapan pendidikan karakter di sekolah perlu adanya kerjasama, serta terus mensinergikan seluruh elemen terkait. Sistem pengajaran serta kreatifitas guru dalam rangka menstimulus peserta didik terus di tingkatkat demi terciptanya karakter yang baik pada peserta didik

Article Details

How to Cite
Nurodin. (2020). ANALISIS PEMIKIRAN DONI KOESUMA PADA PENDIDIKAN KARAKTER. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(2), 105-118. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i2.76
Section
Articles

References

Darajat Zakiah, 1977, Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang.

Saptono, 2011, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, wawasan, Strategi dan Langkah Praktis, Jakarta: Erlangga Group.

Muslich Mansur, 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Mu’in Fathul, 2011, Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik Urgensi Pendidikan Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orangtua, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prayitno&Manulang B, 2011, Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa, Jakarta: PT. Grasindo.

Fathurrohman dkk, 2013, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Reflika Editama.

Sinaga, H. P., & Purnamasari, I. (2019). KESADARAN KEAKRABAN DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSELING KELUARGA PADA SISWA SMK AL HAFIDZ LEUWILIANG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 19-25.

Rachmat, F. (2018). MENGEMBANGKAN “KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI STIMULASI PERMAINAN ANGKLUNG†PADA SISWA-SISWI ANAK USIA DINI DI RA NURUL AMIN CITAYAM BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 8-13.

Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). HUBUNGAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKHLAK ISLAMIYAH DENGAN MORALITAS MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14.