PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Isi Artikel Utama

Rifqi Rohmatulloh
Bambang Samsul Arifin

Abstrak

Agama Islam disyaratkan untuk menghasilkan perilaku budi pekerti yang baik bagi peserta didik, dan pendidikpun diharuskan untuk mengorganisir siswa secara kognisi dan afeksfinya guna mencegah transfer ilmu pengetahuan yang diluar koridor peserta didik maupun agama ini diajukan sebagai permasalah penelitian untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam pendekatan dari segi perspektif psikologi Pendidikan, pendekatan yang biasanya secara general dilakukan dan diterapkan oleh pendidik, sehinggga dapat menggeneralisasi pendekatan yang efektif pada proses Pendidikan yang pada hal ini bermuara akan Pendidikan agama islam. Pendidik tentunya pada hal ini mendapatkan suatu value yang bernilai ibadah untuk mempertanggungjawabkannya selain secara horizontal yakni secara vertical kepadal Allah Swt. Sehingga pendekatan pembelajaran pada pendidikan agama khususnya agama islam yang dirasa sangat efektif dan efisien yaitu pendekatan keagaamaan, dikarenakan pendidik perlu dan harus mengusai ajaran-ajaran agama yang sesuai dengan koridor keagamaan. Islam mengedepankan kebebasan dalam berpikir guna mendapatkan ilmu pengetahuan yang seluas-luasnnya dengan kaidah keislaman itu sendiri, sehingga minor correction dalam pembelajaran

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rohmatulloh, R., & Samsul Arifin, B. (2023). PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 6(1), 31-37. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.431
Bagian
Articles

Referensi

Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Anthony, G. (1996). Classroom Instructional Factors Affecting Mathematics Students Strategics Learning Behaviours. Dalam Philip C. Clarkson (editor) Technology in Mathematics Education. Australia: Mathematics Educatiuon Research Group of Australia.

Basir, M. (2017). Pendekatan Pembelajaran. Sengkang: Lampena Intimedia.

Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

Hidayat, M. Y., dkk. (2015). Pendekatan Pembelajaran Deduktif dan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Pokok Bahasan Pemuaian Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Ichsan, M. (2016). Psikologi pendidikan dan ilmu mengajar. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60-76.

Johnson, Elaine B. (2008). Contextual Teaching and Learning, terj. Ibnu Setiawan. Bandung: MLC.

Jumadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya, Makalah Disampaikan pada Workshop Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum.

Kaelan, M. S. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma

Kemdikbud. (2016). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Latipah, E. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan.

Liadi, F., Darim, A., & Warjuningsih, T. (2018). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Bagi Siswa. Jurnal Transformatif, 2(1).

Lufri. (2000). Penggunaan Pendekatan Deduktif-Induktif serta Latihan secara Runtut untuk meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Metodologi Penelitian di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Laporan Penelitian Padang: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

Lutvaidah, U. (2015). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 5(3): 279-285.

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2007). Pembelajaran Berbasis Konpetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara.

Mustofa & Lestari, B. (2009). Media Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universits Negeri Yogyakarta.

Nacional Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Nohda, N. (2000). Learning and Teaching Through Open-ended Approacrh Method. Dalam Tadao Nakahara dan Masataka Koyama (editor) Proceeding of the 24th of the Intenational Group for the Psychology of Mathematics Education. Hiroshima: Hiroshima University.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ruseffendi, E. T., (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman A.M. (2007) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Maju, 5(2): 64-75.

Shimada, S., & Becker J.P., (1997). The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Silver, R. E. (1996). Research on Teaching Mathematical Problem Solving: Some Underrepresented Themes and Needed Directions. Dalam Edwar A. Silver (editor) Teaching and Learning Mathematical Problem Solving: Multiple Research. New Jersey: Lawrence Earlbaum Associates Publisher.

Suherman, Erman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Syah, M. (2018). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.

GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.