PENGARUH METODE DISKUSI QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
This research can help to broaden of thinking perception and give contribution of thought for the development of education, especially in the development of Arabic learning methods. The results of this study are expected to provide information about efforts to improve learning methods at the Islamic Boarding School Ummul Quro Al-Islami, Bogor. This study concludes that there is a significant influence between the discussion method of qiro'ah in learning Arabic toward the learning interest of students in class XI MIPA Islamic boarding school Ummul Quro Al-Islami Bogor. This can be shown by the t value of 4.472, the regression coefficient (b) of 1.277 and the significance value (p) of 0,000 (p <0.05). The effective contribution of the qiro'ah discussion method in Arabic learning to learning interest of students in XI grade MIPA at Islamic boarding school Ummul Quro Al-Islami Bogor by 31% indicated from the value of R2 = 0.310 which states that there are 69% other factors that influence learning motivation such as motivation , learning, learning materials and attitudes of teachers, family, social friends, ideals, talents, hobbies, mass media, facilities and others. From the proposed hypothesis test, it can be seen that the value of t arithmetic = 4.742 with a significance value of 0.000 <0.05, then Ho is rejected and H1 is accepted, which means there is a significant influence between the variable Discussion Method (X) on the variable Student Learning Interest (Y)
Rincian Artikel
Referensi
Al-Ghulayainiy, Mushthafa, Jami al-Durus al-Arabiyah, Juz 1, Beirut: al- Maktabah al-Ashariyyah litthiba’ah wa nasyar, 1993.
Ali, Mukti, Pembentukan Kemampuan Berbahasa Arab pada Anak Usia Prasekolah di TPQ Nur Iman Karang Jambu Purwanegara Purwokerto Utara, (STAIN Porwekerto, 2008)
Al-Quran dan Terjemahannya, Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo, 1994.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Arsyad , Azhar, Bahasa Arab dan Metode pengajarannya,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Arsyad, Azhar, 2003, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ary, Donald, dkk., Introduction to Research in Education, terj., Arief Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Best , John W., Research In Education, terj., Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982. Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Darojat, Zakiyah, 2004, Metode Khusus Pengajaran agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Djamal, Drs. A.Nurhadi, 1985, Ilmu Jiwa Pendidikan, Semarang: IAIN Walisongo.
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2008. Djiwandono
Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan,Jakarta: PT. Grasindo,2008.
Echols, John M. dan Shadily, Hassan, Kamus Bahasa Inggris, Jakarta: PT.Gramedia, 2005.
Gulo, W., Metode Penelitian. Jakarta: PT Grasindo, 2007.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Karim, Abdullah, Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam,Yogyakarta: Pustaka Book Publiser, 2009.
Kountur, Ronny, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Penerbit PPM,2007.
Latifah, M. (2019). MANAJEMEN TAHFIDZ QUR ‘AN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Model Muraja ‘ah Di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngetuk Ngembalrejo Bae Kudus Tahun 2019). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 1-9.
Machmudah, Umi dan Abdul Rosyidi, Wahab, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab,Malang: UIN-Malang, 2008.
Makruf, Imam, Strategi Pembelajaran bahasa Arab, Semarang: Need’s Press, 2009.
Margono, S., Metode Penelitian Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Muhaimin, MA, 2008, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: Putaka Pelajar.
Mukrimuddin. “Minat Siswa Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta IIâ€. Skripsi fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Munawari, Akhmad, Belajar Cepat Tata Bahasa Arab Program 30 Jam, Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2007.
Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu, Metodelogi Penelitian,Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.
Nasution, S., Metode Research, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Pius A Partanto dan M. Dahlan Al Barry, 2001, kamus ilmiah populer, Arkola.
Rachmat, Metode, diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/metode, pada tanggal 4 Maret 2017.
Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis, Bandung: Alfabeta,2007.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2010
Rosyidi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab,Malang: UIN Malang.2009.
Siberman, Mell, 2006, Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung : Nusantara.
Siti Nur Tuasikal. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru dalam mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap Minat Belajar Siswa kelas X (E,F,G) MAN Yogyakarta 1 tahun ajaran 2012/2013â€. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 2003.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2010.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2010.
Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, Semarang: Walisongo Press, 2010.
Surakhmad, 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar metode dan Teknik , Bandung; mandarin Indonesia.
Tarigan, Henry Guntur, 1987, Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Widiyatmo, Agus,, Hubungan Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Diploma III Hiperkes Dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta, (Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010)
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2007.
Yayah Komariyah. “Minat Belajar Siswa Akselesrasi Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab Di SMP Muhammadiyah II Yogyakartaâ€. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.
Zamroni. 1997. “Persepsi Siswa Terhadap Penampilan Guru di Kelas Hubungannya Dengan Minat Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam SMU Muhammadiyah VII Yogyakartaâ€. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.
Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007