PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP SISWA YANG MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH
Main Article Content
Abstract
Fokus dari tulisan ini adalah bagaimana peran guru dalam mengajarkan Bahasa Indonesia terhadap siswa yang menggunakan bahasa daerah sebagai komunikasi interpersonal dalam keluarganya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research,. Hasil dari penelitian ini bahwa guru mempunyai peran yang sangat besar terhadap kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia pada dasarnya merupakan landasan awal pembelajaran di sekolah karena tujuan pembelajaran dapat tercapai jika siswa memahami dan menguasai penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar yang digunakan dalam komunikasi pembelajaran.
Article Details
References
Asep Nurjamin. 2017. Rahasia Keberhasilan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Garut: Layung.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2009. Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Santoso, Soegeng. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Pendidikan.
Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini : pendidikan prasekolah dan sekolah dasar. Jakarta ; Prehallindo.
Yawkey, Thomas D dkk. 1981. Languange Arts and the Young Child. Illinois: Peackok Publisher.