PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA SISTEM PEMBELAJARAN LURING DAN DARING DI KELAS V SDI AL AZHAR 47 SAMARINDA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbandingan minat belajar siswa antara sistem pembelajaran luring dan daring di kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif, dengan populasi dan sampel total sampling dengan jumlah 32 responden. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan analisis, uji hipotesis pada uji t ialah  -2,095 <  = -1,697, dapat disimpulkan bahwa  ditolak artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat siswa yang menggunakan sistem daring dan siswa yang menggunakan sistem luring
Article Details
References
Agustien, Didink. Abdul Razak. “Efektivitas Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19â€. Dalam Jurnal Al-Madrasah: Jurnal lImiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Edisi no. 1. Vol. 5. 2020.
Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasarâ€. Dalam Jurnal Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi no. 3. Vol. 10. 2020.
Arifin, Haris Nursyah. “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pademi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabananâ€. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. Edisi no. 1. Vol. 5. 2020.
Jamila, et.all. “Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepareâ€. Dalam Jurnal Al Ma’rief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya. Edisi no. 2. Vol. 3. 2021.
Nurkholis. “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologiâ€. Dalam Jurnal Kependidikan. Edisi no. 1. Vol. 1. 2013.
P., Andi Achru. “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaranâ€. Dalam Jurnal Idaarah. Edisi no. 2. Vol 3. 2019.
ari, Silvia Indah, et.al. “Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleretâ€. Dalam Jurnal Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Edisi no. 2. Vol. 10. 2021.
Soebandi, A., Siti Nurhasanah. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Edisi no. 1. Vol. 1. 2016.
Solong, Najamuddin Petta. “Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensiâ€. Dalam Jurnal Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Edisi no. 1. Vol. 9. 2021.
Wahyudi, Agus. Yulianti. “Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresikâ€. Dalam Jurnal Basicedu. Edisi no. 5. vol. 5. 2021.
Yunitasari, Ria Yunitasari. Umi Hanifah. “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19â€. Dalam Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Edisi no. 3. Vol. 2. 2020.
Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian, cetakan 4 edisi 2. UNS Press.
Hermawan, Hary Hermawan. (2018). Metode Kuantitatif (Untuk Riset Bidang Kepariwisataan). Bandung: Manggu.