PENGARUH KEKERASAN VERBAL TEMAN SEBAYA TERHADAP HARGA DIRI SISWA

Main Article Content

Khulaimata Zalfa
Fadhilatun Ni’mah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekerasan verbal teman sebaya terhadap harga diri siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Kebumen. Demi pencapaian tujuan penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Subyek penelitian ini adalah 58 siswa. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh kekerasan verbal teman sebaya terhadap harga diri siswa kelas V MIN 3 Kebumen. Hasil ini ditunjukkan dengan t hitung < t tabel yaitu -0,490 > 0,355

Article Details

Section
Articles

References

Budiati, Ariska K. (2015). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Harga Diri pada Remaja. Skripsi. Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta diakses dari http://eprints.ums.ac.id/36447/6/BAB%20II.pdf pada Jum’at 16 Juli 2021

Christiana, E. (2019). Identifikasi Bentuk Kekerasan dan Penangannya di Lingkungan Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(2), 58–64.

Erniwati, Wahidah, F. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-8.

Feist, J., & Feist, J.G. (2013). Theories of Personality (terj. Handriatno). Jakarta: Salemba Humanika.

Farida, Nur. (2013). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Remaja Tahun Pertama 2012/2013 di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang diakses di http://etheses.uin- malang.ac.id/1808/ pada Minggu, 22 Agustus 2021

Hartono. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huraerah, A. (2018). Kekerasan terhadap anak (Cetakan 1; M. A. Elwa, Ed.). Bandung: Nuansa Cendikia.

Khairat, M., & Adiyanti, M.G. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai preditor subjective well being remaja awal. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(3), 180-191

Listyarti, R. (2020). Di Rumah Saja, Anak Jadi Korban Kekerasan. Radarcirebon.com, 1.https://www.radarcirebon.com/2020/07/26/di-rumah-saja-anak-jadi-korban-kekerasan/

Wati, Haunika. 2019. Pengaruh Kekerasan Verval Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun di Desa Talang Rio Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri: Bengkulu diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/2784/ pada Senin, 23 November 2020