PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDIT INSAN MULIA SURAKARTA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian: (1) Mengetahui problematika yang dihadapi (2) Solusi yang diambil guru matematika di masa pandemi Covid-19. Metodologi penelitian: kualitatif deskriptif. Pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: terlihat beberapa problematika dihadapi subjek penelitian mengajar matematika kelas VD pada masa pandemic Covid 19 yaitu: Jam pelajaran dikurangi namun cakupan materi banyak; pengondisian siswa; menghadapi siswa bad mood; siswa tidak terlalu memahami materi daring; menghadapi siswa yang kurang semangat mengerjakan soal matematika; menghadapi siswa yang kemandirian dalam mengerjakan soal masih kurang; menurunnya literasi terutama kualitas membaca siswa, solusi yang diambil guru menyelesaikan problematika yang dihadapi yaitu: Sebelum pembelajaran subjek penelitian merencanakan sistematika pembelajaran; ice breaking, dihitung, dipanggil, dinasehati, membaca materi, diberi pertanyaan seputar materi; ice breaking, motivasi, tebakan yang menjawab benar diberi reward bintang; me-review ulang materi yang dipelajari ketika daring dulu; memberikan cara alternatif seperti jembatan keledai dalam mengingat, menghafalkan rumus; selama PTM terbatas siswa dilatih untuk mengerjakan latihan soal di sekolah; memberikan PR membaca materi yang akan dipelajari pertemuan berikutnya
Article Details
References
Alwahidi, Ahmad Azmi. 2021. Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada
Era New Normal di Desa Sengkereng, KecamatanPraya Timur. Jurnal Pengabdian
Magister Pendidikan IPA. 4(2):120-123
Ardika, Yokhanan.dkk. 2016. Efektifitas Metode Mnemonik DDitinjau dari Daya Ingat dan
Hasil Belajar MatematikaSiswa SMK Kelas X. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif,
(1):66-73.
Basar, Afip Miftahul. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi
Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 2(1): 208-218.
Fauzy, Alwan.dkk. 2021. Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi
Covid-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika. 05(1): 551-561.
Hariono, Tholib.dkk. 2021. Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa
melalui Ice breaking. Jurnal Pengabdan Masyarakat, 2(3):125-129.
Hayati, Noor. 2020. Pembelajaran di Era Pandemi. Yogyakarta: Deepublish.
Irfan, Muhammad. 2020. Challenges During the Pandemic: Use Of E-Learning In
Mathematics Learning In Higher Education. Journal of Mathematics Education, 9(2):
-158.
Kosasih, Nandang. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Badung:
Alfabeta.
Moleong, Lexy.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Badung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktifa, Nita.2021. Cara Mengajar Matematika supaya mudah dipahami siswa. Artikrl Ilmiah.
Online,22 mei 2022:21.55
Putri, Ayusi Perdana.dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Melalui Daring dan Luring Selama
Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Jurnal Ilmiah Kependidikan,
(1): 1-8.
Ronaldy, Mochammad.dkk. 2021. Efektifitas Pembelajaran Selama Pelaksanaan PTMT.
Tulungagung: Akademia Pustaka.
Sari, Novita. 2020. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid19 di MIN 3 Medan. Journal of Education and Teaching Learning, 2(3): 44-57.
Sari, Raras Kartika. 2019. Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah
Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Jurnal Pendidikan dan Riset
Matematika, 2(1): 23-31.
JURNAL INSTRUKTUR
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Yuliza Putri.dkk. 2020. Study At Home: Analisis kesulitan Belajar Matematika pada
Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1): 20-26.
Supini, Epin.2021. 10 Strategi Guru agar Optimal dalam Mengajar. Artikel Ilmiah. Online,22
mei 2021:22.09.
Wahyuningrum, Ayunda Sri. 2020. Investigating Mathematical Conversation in Remote
Learning of mathematics During the Covid-19 Pandemic. Mathematics Education
Research Journal,7(2): 148-162.
Yanti, Helmi.dkk.2020. Kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa
pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 146-149.