PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI SD DARUL HIKAM BANDUNG DI ERA 4.0

Main Article Content

Barirotut Taqiyah
Lukluil Maknun
Faiqotul Mamluah
Fiki Aufiya
Elya Umi Hanik

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana standarisasi pendidikan terutama dalam proses peningkatan mutu peserta didik di SD IT Darul Hikam Bandung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah SD IT Darul Hikam telah menerapkan beberapa kriteria tersendiri untuk merekrut peserta didik. Proses pembelajaran di SD IT Darul Hikam telah mengimplementasikan kurikulum 2013 sehingga peserta didik melakukan banyak eksperimen yang membuat peserta didik aktif serta berkembang. Dengan demikian peningkatan mutu peserta didik dapat terealisasikan

Article Details

Section
Articles

References

Garis Garis Besar Haluan Negara (GHBN) Tahun 1973.

Undang Undang SIDIKNAS No. 20 Tahun 2003.

Cahyani, Arini Dwi, Wiwin Yulianingsih, and MV. Roesminingsih. 2021. “Sinergi Antara Orang Tua Dan Pendidik Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):1054–69. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1130.

Cordier. 2019. “No Title.†01(01):1–19.

Fadhli, Muhammad. 2017. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.†Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1(2):215. doi: 10.29240/jsmp.v1i2.295.

Faruq, Iqbal Ahnaf Fi. 2017. “Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Anak Kelas IV Di I Miftahul Huda Ds. Kebonsari Kec. Candi Kab. Sidoarjo.†Journal of Chemical Information and Modeling 8(9):3–4.

Hapsari, Fadjriah, Laila Desnaranti, and Siti Wahyuni. 2021. “Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.†Research and Development Journal of Education 7(1):193. doi: 10.30998/rdje.v7i1.9254.

Hussin, Zaharah. 2005. “Peran Seorang Guru Dalam Pendidikan.†Masalah Pendidikan 1–17.

Indonesia, Kamus Besar Bahasa. 2007. No Title.

Islam, Jurnal Pendidikan. 2020. “Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 04 Sarudu Uswatun Hasanah Sagir Moh . Amin Suharnis Abstract Pendahuluan Keluarga Adalah Tempat Pendidikan Informal Yang Sudah Semes.†1(1):1–23.

LUBIS, METHA. 2020. “Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0.†EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis 4(2):0–5. doi: 10.32493/eduka.v4i2.4264.

Siddik, Dja’far. 2006. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media.

Sista, Taufik Rizki. 2017. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.†Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1(1). doi: 10.21111/educan.v1i1.1288.

Sundari, Ayu. 2020. “Sinergitas Orang Tua-Guru Dalam Membentuk Karakter Jujur Dan Daya Juang Siswa.†Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 1(2):119–128.

Susanti, Ernita, Rifa’tu Makiyah, Maulidah Sofi, and Yanti. 2019. “Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0.†Difraction 1(1):48–52.