SINERGITAS ORANG TUA DAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI SD ISTIQAMAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinergi orang tua dan guru dalam menumbuhkan prestasi belajar siswa di SD Istiqamah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data dengan usulan lokasi observasi yaitu SD Istiqamah dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai mentor, modeler dan guru. Sedangkan guru berperan sebagai motivasi, demonstrator dan evaluasi. Implementasi sinergi dilakukan oleh orang tua dan guru untuk meningkatkan kinerja siswa melalui komunikasi timbal balik antara guru dan orang tua, partisipasi orang tua dan keterlibatan guru dalam pendidikan siswa, partisipasi dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian sinergi orang tua dan guru dalam menumbuhkan prestasi siswa di SD Istiqamah sangat diperlukan, karena keberhasilan siswa tidak hanya datang dari diri mereka sendiri, tetapi juga dari guru, dan orang tua yang selalu mendukung pendidikannya
Article Details
References
Aini, Anni Qurrotul, and Elya Umi Hanik. 2021. “Sinergitas Antara Guru Dengan Orang Tua Melalui Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Daring Pada Kelas II MI NU Miftahut Tholibin Kudus.†Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP) 1:1.
Astuti, Sri, Puri Pramudiani, Khusniyati Masykuroh, and Syafika Ulfah. 2021. “SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM INTEGRASI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19.†Jurnal Pendidikan Karakter.
Cahyani, Arini Dwi, Wiwin Yulianingsih, and MV. Roesminingsih. 2021. “Sinergi Antara Orang Tua Dan Pendidik Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):1054–69. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1130.
Faruq, Iqbal Ahnaf Fi. 2017. “Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Anak Kelas IV Di I Miftahul Huda Ds. Kebonsari Kec. Candi Kab. Sidoarjo.†Journal of Chemical Information and Modeling 8(9):3–4.
Fatimah, Siti, Ghullam Hamdu, and Akhmad Nugraha. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Outdoor Berbasis STEM Di Sekolah Dasar.†PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 6(1):101–7.
Haniah, Putri Septiana Ila. 2014. “SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTS NEGERI I MALANG).†Tesis 19.
Hanik, Elya Umi, Vera Dina Yunita, and Hapsari Cahyaning Putri. 2022. “PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN BELAJAR SISWA DI SD AL- MA ’ SOEM.†MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains 2:81.
Islam, Jurnal Pendidikan. 2020. “Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 04 Sarudu Uswatun Hasanah Sagir Moh . Amin Suharnis Abstract Pendahuluan Keluarga Adalah Tempat Pendidikan Informal Yang Sudah Semes.†1(1):1–23.
Rahmah, Irvani Muthia. 2016. “Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.†Jurnal Pendidikan (3):1–130.
Siti Nur Azizah, Dkk. 2020. “Sinergi Guru Dan Orang Tua Dalam Pengembangan Pendidikan Akidah Akhlak Kelas VII Di Mts Yaspuri Malang.†VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam.
Sundari, Ayu. 2020. “Sinergitas Orang Tua-Guru Dalam Membentuk Karakter Jujur Dan Daya Juang Siswa.†Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 1(2):119–128.
Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, and Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):116. doi: 10.32585/jkp.v2i2.114.
Ulum, M. Bustanu. 2020. “SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH BUSTANUL ULUM.†Jurnal Auladuna 66–68.
Wahidin. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar.†Pancar 3(1):232–45.
Wahyuni, Arum Trini, Ahmad Walid, Agama Islam, and Negeri Bengkulu. 2021. “Sinergitas Orang Tua Dan Guru Agama Dalam Membina Pengalaman Agama Anak Tunagrahita Di Slb Negeri 4 Kota Bengkulu.†(Iv):1–10.