MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI GARUT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF MARBEL TK PAUD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemampuan membaca pada anak usia dini merupakan dasar penting dalam perkembangan kognitif dan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak-anak usia dini di Garut melalui pemanfaatan media interaktif Marbel TK PAUD. Media ini dipilih karena menyediakan fitur-fitur edukatif yang dirancang secara khusus untuk anak-anak, yang meliputi aktivitas membaca, menulis, dan pengenalan huruf yang interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test untuk mengukur perkembangan kemampuan membaca anak-anak setelah menggunakan media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca anak setelah menggunakan media interaktif Marbel TK PAUD. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan teknologi interaktif dalam pembelajaran pada usia dini dapat membantu memfasilitasi pengembangan literasi secara efektif
Rincian Artikel
Referensi
Ahmad Fauzi. (2018). Judul Buku: Pengembangan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini. Alfabeta.
Anisa Fauziah. (2020). Judul Buku: Teknologi dan Media Interaktif dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.
Hamidah Nur. (2021). Pendidikan Berbasis Teknologi: Peran dan Kompetensi Pendidik P. Kencana Divisi dari Prenadamedia Group.
Iwan Setiawan. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini di Daerah Terpencil: Tantangan dan Solusi. Alfabeta.
Lia Mardiana. (2020). Media Pembelajaran Interaktif untuk Anak Usia Dini. kencana.
Lisa Fitriani. (2020). Teknologi Pendidikan untuk Anak Usia Dini: Tantangan dan Peluang. Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.
Rina Kartika. (2018). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.
Rina Sari. (2021). Keterlibatan Anak dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Alfabeta.
Rina Suryani. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Era Digital. Pustaka Ilmu.
Sri Wahyuni. (2019). Observasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Pendidikan. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.