PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPSIS (SCRAPBOOK FOTOSINTESIS) PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 227 PALEMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pengembangan Scrapsis (scrapbook fotosintesis) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa kelas IV di SDN 227 Palembang, yang memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research & Development, R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Proses pengembangan media ini dijelaskan secara rinci mulai dari tahap spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi oleh ahli, hingga uji coba di lapangan. Pada tahap analisis (Analyze), peneliti mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran yang relevan untuk materi fotosintesis. Pada tahap desain (Design), peneliti merancang media Scrapsis yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa. Tahap pengembangan (Develop) mencakup pembuatan media yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan pada siswa kelas IV SDN 227 Palembang, dengan melibatkan dua kelompok uji coba, yaitu uji coba perorangan (One to One) dan uji coba kelompok kecil (Small Group). Pada tahap implementasi (Implement), media ini digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya untuk mengamati kepraktisan dan efektivitasnya. Tahap evaluasi (Evaluate) dilakukan untuk menilai kekuatan dan kelemahan dari produk yang dihasilkan berdasarkan umpan balik dari siswa dan ahli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 227 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Scrapsis untuk materi fotosintesis ini dinyatakan valid, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 90,2% dan ahli media sebesar 91,6%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba One to One menunjukkan persentase 93,20% dan uji coba Small Group mencapai 92,80%, keduanya dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil-hasil ini, media Scrapsis (scrapbook fotosintesis) terbukti valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran di SDN 227 Palembang
Rincian Artikel
Referensi
Aprilia, S. N., Nugroho, A. S., & Umam, N. K. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Rakuyawa (Keragaman Suku Budaya Di Pulau Jawa) Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Nusantara Hasana Journal, 2(7), 132–139.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67.
Danuri, P. P., Maisaroh, S., & Prosa, P. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Samudra Biru (Anggota Biru).
Pertiwi, D. L., & Putra, L. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Materi Fotosintesis Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3334–3346.
Saputri, E., & Rahmi, L. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 15–22.
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54.
Shinta, S. N., Hakim, L., & Yuliani, E. (2023b). Pengembangan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 69 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 133–143.
Situmorang, R., Simanungkalit, E., Karo-Karo, D., Simanjuntak, E. B., & Simanuhuruk, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Canva Pada Tema 8 Subtema 1 Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 16 Urat Timur Ta 2022/2023. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 205–213.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.