PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV
Isi Artikel Utama
Abstrak
Peningkatan hasil belajar siswa merupakan aspek penting dalam pengembangan pendidikan. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar adalah melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Example non Example dapat membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam dan memperbaiki hasil belajar mereka. Namun, pemanfaatan model ini di tingkat sekolah dasar masih jarang dilakukan secara optimal, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan model pembelajaran Example non Example. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan Februari–Maret 2023 di SDN Cianten 01. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar siswa, wawancara, dokumentasi, dan observasi aktivitas guru. Data dianalisis melalui penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, hanya 32% siswa dari 37 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Pada siklus I pertemuan pertama, 35% siswa berhasil mencapai KKM, dan pada pertemuan kedua jumlahnya meningkat menjadi 69%. Pada siklus II, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM mencapai 91%. Penerapan model pembelajaran Example Non example terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV. Hasil ini menunjukkan pentingnya pemilihan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang optimal
Rincian Artikel
Referensi
Adam, A., & Minan, M. (2018). Analisis hasil belajar: Teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Akademika.
Ahmad, R., & Kurniawan, M. (2020). Penerapan model pembelajaran contoh dan non-contoh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1).
Alamsyah, A., & Fitria, S. (2023). Kolaborasi dalam pembelajaran kelompok: Pengaruhnya terhadap partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 17(2).
Amiruddin. (2022). Penggunaan media visual dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Anwar, S., & Marzuki, I. (2024). Peran orang tua dalam mendukung pembelajaran di rumah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(3).
Ardiansyah, A. (2023). Penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2).
Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Media.
Arikunto, S. (2021). Penilaian pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Budin, B. (2022). Evaluasi pengajaran dan tindakan kelas di pendidikan dasar. Bandung: Alfabeta.
Budiarto, D., & Rahayu, S. (2021). Evaluasi efektivitas pembelajaran di kelas IV SDN Cianten 01. Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan.
Dewi, P., & Wulandari, M. (2020). Penerapan metode pembelajaran aktif di sekolah dengan keterbatasan sumber daya. Pendidikan dan Pengajaran, 19(1).
Fadilah, N., & Putra, J. (2020). Strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(4).
Faridah, N., & Suryani, R. (2022). Pelatihan guru dalam penerapan model pembelajaran aktif. Jurnal Pendidikan Aktif, 11(3).
Feni, F. (2018). Metodologi penilaian pendidikan: Teori dan penerapan dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Feni, F. (2019). Pengukuran dan penilaian dalam pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani, L., & Kusuma, H. (2020). Keterkaitan motivasi siswa dan pemahaman materi dalam pembelajaran. Jurnal Psikologi Pendidikan, 22(1).
Hendrawan, S. (2021). Pengembangan keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran aktif. Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2).
Hidayah, S., & Pratiwi, L. (2022). Efektivitas model Example Non Example dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 14(3).
Irawan, B., & Sari, N. (2021). Pentingnya pengulangan materi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Edukasi, 18(1).
Ilham, R. (2023). Diskusi kelompok dan pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Laporan tahunan pendidikan di Indonesia 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, R. (2022). Integrasi media visual dalam metode pembelajaran aktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(4).
Kurniawan, D., & Santosa, H. (2020). Pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan keterbatasan sekolah. Pendidikan dan Pengembangan, 16(1).
Lestari, F., & Adi, M. (2023). Peran kolaborasi siswa dalam metode pembelajaran aktif. Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 17(2).
Lestari, P., & Arifin, M. (2023). Evaluasi pembelajaran berbasis diskusi: Studi kasus pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Modern, 15(3).
Maulana, A., & Zulfikar, Z. (2021). Model pembelajaran kolaboratif untuk pengajaran yang efektif. Surabaya: Pelangi.
Nurhidayah, T., & Arifin, M. (2020). Pentingnya lingkungan belajar yang kondusif dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 13(2).
Nugroho, A., & Lestari, P. (2021). Hasil belajar sebagai indikator keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1).
Nugroho, A., & Wijaya, D. (2022). Mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menggunakan model contoh dan non-contoh. Jurnal Pembelajaran Aktif, 20(2).
Prasetyo, B., & Hanifah, S. (2023). Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan dasar. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 20(3).
Prasetyo, D. (2021). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik di sekolah dasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rabudin, R. (2020). Strategi pembelajaran yang efektif untuk peningkatan kualitas pendidikan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rachmawati, S., & Hadi, K. (2021). Efektivitas penggunaan model contoh dalam pembelajaran siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 25(1).
Rini, M., & Junaidi, A. (2022). Peran media digital dalam pembelajaran aktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Modern, 9(4).
Rizki, D., & Novita, L. (2022). Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Media Edukasi, 11(2).
Rohmawati, N., & Maulida, D. (2021). Penggunaan media visual dalam pengajaran sains di SD. Jurnal Pendidikan IPA, 13(2).
Rustiyarso, R. (2020). Model Kurt Lewin dalam penelitian tindakan kelas. Malang: IKIP Press.
Sari, L. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis diskusi terhadap keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Berbasis Diskusi, 7(3).
Sari, N., & Rachmawati, A. (2021). Pemilihan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 14(1).
Sari, R., & Rahmawati, Y. (2023). Analisis penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 14(1).
Santosa, R., & Wirawan, H. (2022). Pendekatan pembelajaran yang mendukung pemahaman siswa di tingkat pendidikan dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(4).
Santosa, R., & Wijayanti, T. (2021). Model pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Aktif, 19(3).
Suharjono, S. (2017). Pengembangan kualitas pengajaran melalui penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Sugiono, S. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, S. (2022). Mengoptimalkan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Jakarta: Penerbit Cerdas.
Subana, S. (n.d.). Penerapan rumus ketuntasan belajar. Bandung: Penerbit Pelajar.
Wahyuni, E., & Jamilah, L. (2021). Efektivitas metode pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Aktif, 13(3).
Wahyuni, F., & Ananda, R. (2023). Penerapan model pembelajaran kolaboratif untuk pengembangan keterampilan sosial siswa. Jurnal Pengembangan Keterampilan Sosial, 13(4).
Gunawan, G., & Anbarsari, S. N. (2021). Pengaruh Metode Belajar Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Siswa di MI Al-Qolam Cibungbulang Bogor. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 45-51.
Wulandari, M., & Zulkifli, A. (2020). Keunggulan pendekatan diskusi dalam pembelajaran kelompok untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 12(2).
Yunita, S., & Nugroho, R. (2024). Pengaruh metode contoh dan non-contoh dalam meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 27(1).
Zulfiqar, R. (2021). Integrasi teknologi dalam metode pembelajaran aktif di sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 18(2).
Gunawan, G., Falah, S., Mz, S. R., Tamami, A., Anas, A., Riva’i, F. A., & Kusumawati, R. (2024). Professionalism Of Civil Servant Teachers Through Writing Scientific Article And Scientific Publications. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 1499-1505.