PERAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA POLA IRAMA MATA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI MIM KETRO 1
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media video dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III terhadap materi pola irama dalam mata pelajaran Seni Budaya di MI Muhammadiyah Ketro 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa. Visualisasi pola irama melalui video memudahkan siswa dalam mengenali dan membedakan ketukan serta tempo, yang sebelumnya sulit dipahami hanya melalui penjelasan verbal. Selain itu, media video juga mampu meningkatkan keterlibatan dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi, lebih percaya diri dalam praktik, serta menunjukkan kreativitas dalam menciptakan pola irama sendiri. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti terbatasnya akses terhadap perangkat dan koneksi internet yang tidak stabil. Meskipun demikian, penggunaan media video terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran yang mendukung peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam materi pola irama seni budaya
Rincian Artikel
Referensi
Adrin. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Sikaping menggunakan media video pembelajaran. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(3), 270–275. https://doi.org/10.57255/eduspirit.v1i1.17
Afrilys Sumantri. (2024). Penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan pemahaman materi pendidikan agama Islam.
Amelia Ramadhan, Marisha, Irna Khaleda Nurmetta, Luthfi Hamdani Maula, & Universitas Muhammadiyah Sukabumi. (2024). Pengembangan video interaktif tari kreasi dalam pertunjukan CARITA di sekolah dasar.
Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTs Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2), 175–186.
Arif Fadilah, M.Pd., Ahmad, I., Irna Sukmawati, & Eka Yulyawan Kurniawan, M.Pd. (2022). Analisis pemanfaatan media PowToon untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 5 SD Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(9), 1843–1858. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.259
Asy’arie, A., Amir, A., & Suharman, A. (2025). Analisis pemanfaatan media audio-visual dan dampaknya terhadap minat belajar siswa di SDN 110 Lura. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6, 1–10.
Awalini, T., Handayaningrum, W., & Suryandoko, W. (2023). Pendidikan seni rupa di Indonesia: Sejarah, peran, dan tantangan masa depan. Prasi, 18, 1–10. https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.63181
Dra Hj Trisharsiwi, & Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (2015). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1–10.
Eka Ariyanti, Y., & Yusro, A. C. (2023). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media pembelajaran video pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 2 Tegalombo. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10.
Evy Nur Rohmawaty, Danial Hilmi, M. Sholih Salimul Uqba, & Ummu Sulaimah Saleh. (2024). Peran artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran bahasa Arab mahasiswa pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(3), 316–328. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.4023
Feri Novriadi, Dan, & Farida Mayar. (2023). Memperkenalkan drama musikal untuk membangun kreativitas. Journal of Social Science Research, 3, 5757–5768.
Febrian, M. R. J., Arabi, M. A., Hariska, A., Saputra, D., Dzulqadri, A., Septian, F. Y., & PGSD FKIP Universitas Jambi. (2024). Eksplorasi kreativitas seni budaya peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 123–135.
Kusnulyaningsih, D., Husniati, H., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada muatan seni budaya dan prakarya kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 480–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.677
Kusyana, K., Muzfirah, S., & Haryadi, R. N. (2024). Efektivitas dan kendala penggunaan media digital dalam pengajaran bahasa. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 92–102. https://doi.org/10.23969/wistara.v5i1.13954
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4, 1–10.
Najib, A. (2025). Perencanaan learning management system berbasis offline. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Seri III Fakultas Sains dan Teknologi, 2(1), 1–10.
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Nurmaily, E. (2018). Respon mahasiswa terhadap penugasan musikaliasi puisi melalui media sosial. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 46(1), 29–43. https://doi.org/10.17977/um015v46i12018p029
Palyanti, M. (2023). Media pembelajaran asik dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 1–10.
Mareta Wahyu, N., Hanifah, N., Rikhayana, N. A., & Ruby, A. C. (2024). Analisis penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa slow learner pada materi penerapan sila-sila Pancasila di sekolah dasar. Taksonomi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v4i1.5632
Perdana, A. N. (2024). Pembelajaran ritmik melalui media kentongan di kelas III SD Negeri 1 Awiluar Kabupaten C