PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN METODE ETH PADA MATA PELAJARAN IPA MI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Raudlatul Hasan Condong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan enam pertemuan, yang mencakup empat sesi ceramah, satu pretes, dan satu postes. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas V B sebagai kelompok kontrol dan 26 siswa kelas V A sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes dan nontes, sementara analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pretes dan postes serta menggunakan analisis N-Gain untuk mengukur perkembangan berpikir kritis di kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.71, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang memperoleh nilai rata-rata 0.25. Berdasarkan analisis data, pendekatan ETH terbukti memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
Rincian Artikel
Referensi
Andriana, E. (2024). Pengaruh Metode Everyone Is A Teacher Here Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis. 135–143.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Ediide Infografika (Vol. 8, Issue 9).
Prasetyo, H. (2019). Pengaruh Strategi Everyone is a teacher here Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).
Ridwan Abdullah Sani. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). In Pembelajaran HOTS Edisi revisi (Vol. 1).
Seri, R. (2014). Manajemen Sekolah Bermutu Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja GraFindo Persada.
Sugiyono. (2017). Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. In Penerbit Kencana.
Verinsyah, N. O., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2).
Yulia P, D. (2020). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Ipa SD/MI. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).