PENGARUH PEMBELAJARAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII A & B MTS AL AHSAN di TANAH SAREAL KOTA BOGOR

Isi Artikel Utama

Fadiyah Anshori
Indriya Indriya
Muhyani Muhyani

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Al Ahsan Bogor. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan media visual berupa slide Power Point dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan media visual dibandingkan dengan metode konvensional. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 94,30, sedangkan kelas kontrol hanya 65,47. Hasil uji t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, penggunaan media visual terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Temuan ini memperkuat bahwa media visual dapat memperjelas materi, meningkatkan motivasi belajar, serta membantu siswa dalam memahami konsep yang diajarkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam memilih strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif guna meningkatkan kualitas pendidikan

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Inanna; Rahmatullah; & Hasan, Muhammad. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek. Makassar: Tahta Media Group.

Lisnawati, Santi. Dkk (2021). Evaluasi Pembelajaran Audiobook & Based on Project Learning. Bogor: Bukit Mas Mulia