DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DENGAN BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MI AL-HUDA PLOSO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu contoh kemajuan teknologi di era society 5.0, yakni adanya sebuah gadget. Gadget memiliki dampak yang cukup berpengaruh terhadap anak. Ketika tidak ada control atu kendali dalam penggunaan gadget, maka anak akan lepas kendali karena gadget sekarang ini sudah bisa dihubungkan dengan internet yang mampu mengakses secara bebas. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak-dampak penggunaan gadget serta upaya orangtua dalam mengontrol penggunaan gadget terhadap siswa kelas 3 MI Al-Huda, Ploso, Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yakni penelitian menggunakan data numerik atau statistik untuk menganalisis fenomena yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget dengan bimbingan orang tua sangat berdampak poditif terhadap hasil belajar siswa kelas 3 MI Al-Huda Ploso, Kabupaten Pacitan. , yakni siswa dapat meningkatkan nilai hasil belajar mereka dan mengurangi tingkat kecanduan dalam bermain gadget
Rincian Artikel
Referensi
Astiana, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Lingkungan Sekolah SD Negeri 3 Usuku.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 3 (2024): 933–39.https://doi.org/https://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.5537 PROSA.
Chintami Luciana Watak1, Yesmin Tuwongihide2, Monica Sri Rejeki Suparla. “Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAPALUS 1, no. 2 (2023): 43–49
Fedries, Mc. The Complete Idiot’s Guide to Ga Teknologi Yang Memberikan Dgets, 2006.
Greenfield, Katie, Simone Holley, Daniel E. Schoth, Emily Harrop, Richard F. Howard, Julie Bayliss, Lynda Brook, et al. “A Mixed-Methods Systematic Review, Meta-Analysis of Barriers and Facilitators to Paediatric Symptom Management at End of Life.” Palliative Medicine 34, no. 6 (2020): 689–707
Kurniawati, Dian. “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI SISWA.” Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 80–84. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.
Loh, Po-shen. “Flipping the Perspective in Contact Tracing,” 2020, 1–21.
Muriana, Saenom, Felipus Nubatonis Marthen Mau. “Pentingnya Pendampingan Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Anak Usia 10-12 Tahun Di Dusun Sentagi.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Aagam Kristen 6, no. 1 (2024): 95–113
Qiladah, Puspita Angky, Ika Ratih Sulistiani, and Mohammad Afifulloh. “ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS V MI TAHFIDZ AL ASYHAR KEDUNGKANDANG KOTA MALANG.” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2023): 252–61. http://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index
Suardipa, I Putu. “Proses Scaffolding Pada Zone of Proximal Development (ZPD) Dalam Pembelajaran.” Widyacarya 4, no. 1 (2020): 79–92.
Subandowo, Marianus. “Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0.” SAGACIOUS JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DAN SOSIAL 9, no. 1 (2922): 24–35