STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 33 BANYUASIN III

Isi Artikel Utama

Ocha Rahmadona
Muhamad Idris
David Budi Irawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis Strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas IV di SDN 33 Banyuasin III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian jenuh, di mana guru kelas IV sebagai sebagai subjek dan siswa kelas IV sebagai responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan pengumpulan data, analisis data, hingga penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa meliputi kurangnya pemahaman konsep, serta keterbatasan dalam menggunakan media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan strategi seperti penggunaan media interaktif, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, pemberian bimbingan individual, serta penguatan motivasi dalam belajar. Strategi tersebut mampu meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran IPAS

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif.

Ain, I. N., Widyawati, Z. H., Shofiana, A. M., Wulandari, F. N., Nabilah, E. R., & Hilyana, S. (2024). Analisis faktor-faktor kesulitan belajar IPAS pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 15(1), 37–48.

Azzahra, I. E., Aan, N., & Hermawati, E. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 6230–6238.

Daruhadi, G., & Sopiati, P. (2024). Pengumpulan data penelitian. Metode Pengumpulan Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.

Ferawati, Idris, M., & Irawan, D. (2023). Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/pips.v7i1.2464

Hasanah, M. (2022). Penggunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA kelas V MI Darul Huda Banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19608

Ilham, Pujiarti, T., Ramadhan, S., & Wulan. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran IPAS di SDN 27 Dompu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 919–929. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.603

Iman, M. (2024). Diagnosis kesulitan belajar.

Junaidi, A. (2020). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi.

Kusuma, J. W., Arifin, D. A., Hamidah, Y. D., Khoiri, A., Sysanti, E., Khoir, Q., Alhabsyi, N. M., & Solong, N. P. (2022). Strategi pembelajaran.

Lestari, N. A. P. (2023). Analysis of 2013 curriculum problems so it is changed into a Merdeka curriculum. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 263–274. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19229

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: Strategi KBM di masa pandemi Covid-19.

Muandar, A. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi.

Nurdiana, I., Rozie, F., & Koesmini, A. D. (2025). Analisis peran guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran IPAS siswa kelas V SDN Mlajah 2. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 228–233.

Nurhasanah, S., Jayadi, C. A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2021). Strategi pembelajaran.

Pahrir, Y. P., Idris, M., Idris, M., & Ramadhani, E. (2022). Analisis sumber pembelajaran lokal pada mata pelajaran IPS kelas IV. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 119–129. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10716

Pratiwi, D. L., Irawan, D. B., & Lubis, P. H. M. (2024). Analisis pemahaman konsep mata pelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV SDN 81 Palembang. Journal GEEJ, 11(2), 239–248.

Rahmasari, D. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 88–100.

Retnanto, A. (2021). Mengenal kesulitan belajar anak.

Rindianti, A., Idris, M., & Irawan, D. B. (2023). Survei kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV SD N 11 Rambang. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 7(2), 154. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i2.3300

Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi permasalahan pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Saleh, S. (2020). Analisis data kualitatif. ISBN: 9796043041.

Sobari, A. A., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Analisis kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1132–1136. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sofyan, A., Firdausi, R., Faizah, E. N., Lestari, N. S., Mahmudah, I., Anastasha, D. A., Nurwahyuni, A., Viratama, I. P., Fadhilah, M. N., Efendi, D., Nuriza, K. I., & M, B. S. (2021). Strategi pembelajaran di SD/MI.

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2021). Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif pada metode penelitian.

Suhelayanti, Z. S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Seleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Angewandte Chemie International Edition, 7(11), 951–952.

Suprapmanto, J., & Zakiyah, S. W. (2024). Analisis permasalahan pembelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 199–204.

Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis penggunaan media pembelajaran pada muatan IPAS di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573–1582. https://jurnaldidaktika.org

Uno, H. B., & Nina, L. (2019). Tugas guru dalam pembelajaran (pp. v–195).

Utbayatun, S., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., & Maryani, I. (2019). Kesulitan belajar dan gangguan psikologis ringan pada anak (Implementasi pada anak usia sekolah dasar).

Waruwu, M., Pendidikan, M. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method), 7, 2896–2910