MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT (EDUKASI DAN ENTERTAINMENT)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Sekolah Islam masih menghadapi tantangan berupa rendahnya motivasi belajar peserta didik dan suasana belajar yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi manajemen sekolah Islam dan pendekatan pembelajaran berbasis edutainment dalam menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan sumber data dari jurnal, buku, tesis, disertasi, dan artikel daring. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) Edutainment mendorong proses pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik; (2) Manajemen sekolah Islam berbasis edutainment menekankan pada kreativitas, inovasi, dan pendekatan humanis; (3) Nilai-nilai edutainment sejalan dengan prinsip pendidikan Islam yang menekankan pada pemanusiaan peserta didik. Dengan demikian, edutainment dapat menjadi pendekatan strategis dalam pengembangan manajemen dan pembelajaran di sekolah Islam
Rincian Artikel
Referensi
Andri, O., & Zaman, B. (2016). Edutainment dalam mata pelajaran PAI. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 117–144. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.117-144
Bali, M. M. E. I., & Hishnuddin, A. (2023). Application of the edutainment method to improve student learning outcomes. Proceeding of International Conference on Education, Society, and Humanity.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2003). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Dewi, N. C. (2020). Penerapan strategi pembelajaran edutainment dalam meningkatkan kreativitas belajar anak usia dini. Prim Early: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(1).
Fathurrochman, I., et al. (2022). Pengelolaan manajemen sekolah yang efektif. E-Mal: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1581
Fauzan, A., & Zahro, S. (2022). Content analysis dalam studi pustaka pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 56.
Fauziah, S. (2020). Analisis konten sebagai teknik dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 78.
Hamruni. (2008). Konsep edutainment dalam pendidikan Islam. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hamruni. (2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hasbullah, H., & Nurhasanah. (2024). Peran orang tua dan pendidik dalam melejitkan potensi anak. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110
Kurniawan, D. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di sekolah dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series.
Lestari, N. (2021). Kajian pustaka dalam penelitian pendidikan Islam: Teori dan aplikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 117.
Maulida, I. (2022). Penerapan metode kajian pustaka dalam penelitian pendidikan Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 144.
Misbah, M., & Auliya, R. (2023). Metodologi penelitian kajian literatur: Pendekatan dan teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(1), 89.
Nasution, A. G. J. (2017). Pembelajaran edutainment: Tinjauan filosofis pendidikan Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 3(2). http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1324
Nasution, S. (2003). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito.
Rahmawati, N. (2021). Manajemen pembelajaran humanis dalam pendidikan Islam kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 23.
Rokhmawanto, S., et al. (2020). Manajemen pendidikan edutainment di TPA Al-Hikmah Kewangunan Petahanan. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i1.343
Sariudin, A., & Faujiah, I. Y. (2018). Strategi edutainment dalam pembelajaran di PAUD. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Setyoadi, P. (2019). Unsur pembelajaran edutainment dalam quantum learning. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2). http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5149
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tilaar, H. A. R. (2012). Kaleidoskop pendidikan nasional. Jakarta: Kompas.
Tillman, D. (2004). Living values activities for children ages 8–14. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tyasmaning, E. (2022). Manajemen penggunaan metode edutainment dalam pembelajaran PAI Luqman Al-Hakim di SMP Sunan Kalijogo Jabung Malang. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(2). https://doi.org/10.35891/ims.v6i2.3175