PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS II MIN 1 GRESIK

Isi Artikel Utama

Amirotul Insiyyah
Nur Hudah
Ria Resti Fauziah
Muhammad Luthfi Efendi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa kelas II di MIN 1 Gresik, khususnya dalam materi penjumlahan dan pengurangan. Penyebab utamanya adalah metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Papan Jurang guna meningkatkan kemampuan berhitung matematika peserta didik di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti termotivasi untuk merancang pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan mudah dipahami dengan melibatkan seluruh peserta didik dalam proses belajar di kelas II MIN Gresik, dengan fokus pada permasalahan: (a) Proses pengembangan media papan jurang (b) Tingkat kevalidasian pengembangan media papan jurang, (c) Tingkat kepraktisan pengembangan media papan jurang, (d) Keefektifan produk pengembangan media papan jurang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah siswa kelas II MIN 1 Gresik. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket respon siswa, observasi, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media papan jurang sangat layak digunakan, dengan skor validasi rata-rata 57,5. Media dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 91,5 dari respon siswa. Kemampuan berhitung siswa meningkat dari rata-rata pretest 67,5 (kategori sangat kurang) menjadi 82,3 (kategori sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa Media papan jurang terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II, serta layak digunakan dalam pembelajaran matematika di MIN 1 Gresik.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alamsyah, Trian Pamungkas, Indhira Asih Vivi Yandari, Ayu Syifa Safuro, “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Bilangan Bulat Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Google Scholar,” diakses 30 September 2024, https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengembangan+media+pembelajaran+papan+bilangan+bulat+terhadap+kemampuan+berhitung+matematika+pada+siswa+kelas+IV+sekolah+dasar&btnG=.

Halidah, Fitri, et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 2 (June 28, 2024): 64–74, https://doi.org/10.53621/jider.v4i2.306.

Juhaeni Juhaeni et al., “Pengembangan Media Game Edukasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Journal of Instructional and Development Researches 3, no. 2 (April 30, 2023): 58–66, https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225.

Kusumawardani, Diah Pramesthi, Rosita Ambarwati, and Vivi Rulviana, “Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2,” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 5 (2024): 641–46.

Listiyaningrum, Arti, Yuli Prihatni, dan Alfiyah Alfiyah, “Peningkatan Prestasi Belajar Tematik Problem Based Learning Berbasis Media Patung Jurang Kelas II SDN Corongan,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2, no. 1 (23 November 2023): 119–25.

Pramudita, Adella Putri, dan Ika Rahmawati, “Pengembangan Media Papinjur Game Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar,” diakses 5 Oktober 2024, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/60783.

Pratama, Andre Budi, “Pengembangan Media Papan Flanel Penjumlahan dan Pengurangan,” Basic Education 8, no. 7 (2019): 667–76.

Rahmawati, Febriana Dwi, Irham Taufiq, dan Bekti Rahayu, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan ‘PAPAN JURANG’ Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri X,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 3, no. 1 (18 Agustus 2024): 583–98.

Rosiana, Elfia Ayu, Retno Utaminingsih, dan Novi Kristiani, “Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2, no. 1 (24 Desember 2023): 926–35.

Suttrisno Suttrisno, Romadlon Habibullah, and Kamilatul Ulya, “Pengembangan Media Pembelajaran Math Garden Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Kelas II Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2023): 934–43.

Zakkiyah, Intan, “manajemen peningkatan mutu madrasah,” diakses 20 Oktober 2024.