PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DASAR SUKU KATA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kurangnya minat siswa dalam menulis menyebabkan suasana kelas cenderung pasif dan berdampak pada rendahnya keterampilan menulis, yang pada akhirnya memengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap kemampuan menulis dasar suku kata siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental (One Group Pretest–Posttest Design). Subjek penelitian adalah satu kelas siswa tanpa kelompok pembanding. Penelitian dilaksanakan di SDIT Al-Munawwar pada Desember 2023 hingga Mei 2024. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif, inferensial, uji normalitas, serta uji hipotesis (t-test) dengan bantuan perangkat lunak Excel dan SPSS V.23. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis setelah diterapkannya model PAKEM. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 75,48 meningkat menjadi 88,10 pada posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PAKEM berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis dasar suku kata siswa kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Munawwar
Rincian Artikel
Referensi
Aqib, Z. (2022). Kupas tuntas pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Yogyakarta: Cv andi offset.
Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran berbasis paikem. Yogyakarta: Aswaja pressindo.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Dewayani, S. (2021). Bahasa Indonesia, Aku Bisa buku sd kelas I. Jakarta: kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik Indonesia.
Fadillah, D. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI kelas tinggi. Suka Bumi: CV jejak.
Janawati, D. a. (2020). Analisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sd Negri. Bali: Surya dewata.
Mukti, S. (2023). Pendidikan moral kebangsaan dalam tafsir al-misbah. Jakarta: Indonesia utama.
Oktavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Rusman. (2021). Model-Model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Depok: PT Raja grafindo persada.
Seheri, m. (2023). Pendidikan moral kebangsaan dalam tafsir al-misabah. Jakarta: publica indonesia utama.
siyonto, S., & kes, M. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Solchan. (2023). Pendidikan bahasa Indonesia sd. Tangerang selatan: Universitas terbuka.
Sutipo, E. y. (2017). Statistik inferensial. Yoyakarta: Cv andi offset.
T W, S. (2023). Pendidikan Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Terbukti.
wicaksono, A., & syaefudin, M. (2016). Teori pembelajaran bahasa suatu singkat catatan singkat. Yogyakarta: Garudhawacana.
Zainal, R. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca.
Adriani, Subyanto, & Mardikanto. (2018). Pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas 1 sd. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 27-33.
Anas, A. (2019). Dampak pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap kinerja guru madrasah ibtidaiyah. Jurnal Al-mubin, 69.
Farhatulmillah, S. A., Gunawan, G., & Agustini, R. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran course review horay (CRH) terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MI Mathlaul Anwar Tenjolaya Bogor. Almubin Islamic Scientific Journal, 94.
Pristiwanti. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 11-15.
Haris, I. A. (2019). Penerapan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).