PENERAPAN METODE ESTAFET WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 230 MASSENRENGPULU

Isi Artikel Utama

Abdul Hafid
Sitti Rahmi
Rezhy Tarhan. M

Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 230 Massenrengpulu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 230 Massenrengpulu yang berjumlah 10 siswa dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis narasi siswa. Keterampilan menulis narasi siswa telah mencapai indikator keberhasilan. Hal ini dibuktikan pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai  65,11% (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 82,49% (SB), mengalami peningkatan sebesar 17,38%. Kesimpulan penelitian ini adalah metode estafet writing dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 230 Massenrengpulu

Rincian Artikel

Bagian
Articles