HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA

Isi Artikel Utama

Lia Nuraeni
Rahmatul Husni
Rusdi Kasman

Abstrak

Minimnya jumlah penghafal Al-Qur'an dapat menimbulkan dampak signifikan bagi individu, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Padahal, para ulama mendasarkan keilmuan mereka pada pondasi hafalan Al-Qur'an yang kuat. Di zaman sekarang, dukungan aktif dari orang tua sangat penting dalam meningkatkan motivasi dan keberhasilan anak dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua, kemampuan menghafal Al-Qur’an serta hubungan antara dukungan orang tua dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VI di MIs Hidayatusshibyan Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi, dengan jumlah sampel 42 siswa dan uji prasyarat yang dilakukan berupa: uji validitas dan uji reliabilitas dengan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi produk moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya ada hubungan antara dukungan orang tua dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Hal ini ditunjukkan pada hasil pengujian korelasi yang memperoleh nilai koefisien r = 0,565 dan nilai sig. (2-tailed) p=0,000 yang menyatakan interpretasi antara variabel dukungan orang tua dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa terdapat hubungan yang positif dan signifikan

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Al-Dausary, M. (2020). Keutamaan Al- Quran.