FILOSOFI EPISTEMOLOGI STIMULASI EMOSIONAL TERHADAP KECEMBURUAN SOSIAL ANAK USIA DINI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan stimulasi emosional berbasis pendekatan filosofis dan epistemologis dalam mengatasi kecemburuan sosial pada anak usia dini. Latar belakang penelitian berangkat dari fenomena kecemburuan sosial yang sering muncul pada anak usia 4–5 tahun di lingkungan pendidikan anak usia dini, yang berpotensi menghambat perkembangan sosial-emosional mereka. Penelitian dilaksanakan di TK Aisyiyah 01 Leuwiliang dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, orang tua, dan anak-anak Kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan validasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi stimulasi emosi yang diterapkan—meliputi pembiasaan perilaku baik, permainan kelompok yang membangun empati, diskusi sederhana tentang perasaan, dan intervensi langsung guru—dilakukan secara konsisten dan didukung kolaborasi sekolah dengan orang tua. Hasilnya, terjadi penurunan signifikan pada perilaku kecemburuan sosial, peningkatan kemampuan menunggu giliran, serta peningkatan empati anak terhadap teman sebaya. Stimulasi emosional berbasis pendekatan filosofis dan epistemologis terbukti efektif dalam mengurangi kecemburuan sosial dan membentuk lingkungan belajar yang harmonis, empatik, serta inklusif. Disarankan agar strategi ini diintegrasikan ke dalam pendidikan anak usia dini sebagai langkah preventif dan kuratif dalam pengembangan sosial-emosional anak.
Rincian Artikel
Referensi
Arsyad, H., & Sauri, S. (2024). Landasan Filosofi Pendidikan Dan Konsep Mendidik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1585–1596.
Aulia, S. (2022). Teori Pengetahuan Dan Kebenaran Dalam Epistemologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(1), 45-60.
Dewi, A. R. T., Mayaksaroh, & Gustiana. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 4(1), 181–190.
Dtakiyyatuddaaimah., Dewanti, L., & Nuraeni, I. (2022). Hubungan peranan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD KB Salsabila Cahaya Gemilang Kecamatan Jasinga tahun 2021. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 1239–1246.
Fiantika, F. R., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Global Eksekutif Teknologi.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880.
Hidjanah, H., Dtakiyyatuddaaimah., & Irna, I. (2024). Social-emotional development of children from the perspective of ecological systems theory and school readiness: A participatory action research case study. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 313–351.
Jamal, N. A., & Wahyudi, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-15.
Kamil, N., dkk. (2024). Sibling Rivalry: Timbulnya Kecemburuan Sosial Yang Disebabkan Oleh Perbedaan Gender Atau Rentang Usia Kelahiran (Kasus Pada Usia 3-6 Tahun). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 4(2), 113.
Karlina, Y., dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar, 2(1), 1-8.
Kurniawati, R. (2017). Pengembangan sosial emosional anak usia dini dengan metode pembiasaan pada PAUD berbasis full day school di TKIT Kendarti Mu'adz bin Jabal Berbah Sleman [Tesis magister]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Lubis, M. A., & Anwar, S. (2024). Pengaruh Stres Kerja, Kecemburuan Sosial Dan Lingkungan Kerja Terhadap Work Life Balance. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(4), 310–333.
Mariyah, S., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Filsafat Dan Sejarah Perkembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 78-92.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Mustofa, F., & Maemonah, M. (2024). Epistemology of Early Childhood Education from The Montessori View. Journal of Education Research, 5(1), 276–284.
Pajriani, T. R., dkk. (2023). Epistemologi Filsafat. Primer: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 282–289.
Setiyawati, A., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19. Jurnal Mentari, 1(1), 51–59.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.
Usman, A. A., Usman, & Azizah, F. P. (2024). Dunia Pendidikan: Epistimologi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Maria Montessori. Journal of Education and Teaching, 5(1), 1174-1185.
Waris, L., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Global Eksekutif Teknologi