NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TEMA DIRIKU KELAS 1 SD/MI DALAM BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013

Isi Artikel Utama

Yuli Kumalasari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku tema diriku kelas 1 SD/MI dalam buku Tematik kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah buku tematik kurikulum 2013 dengan tema diriku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai pendidikan karakter yang terkandung pada tema diriku dalam buku tematik kelas 1 kurikulum 2013 antara lain bersahabat dan komunikatif, toleransi, peduli social, dan cinta damai. 2) pengimplementasian nilai pendidikan karakter pada tema diriku dalam buku tematik kelas 1 kurikulum 2013 melalui kegiatan pembiasaan, dan ekstrakulikuler

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU TEKS PEGANGAN GURU DAN SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378

Mustoip, S., & Japar, M. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.

Nasir, M. (1998). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.

Suharsimi Arikunto. (n.d.). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (revisi 2010). rineka cipta.

Yuliani, M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tema Pahlawanku Kelas 4 SD Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1222