REALISASI NILAI-NILAI AKHLAK PADA KITAB AKHLAK LIL BANIN DAN PENERAPANNYA PADA SISWA KELAS VB MI HIDAYATUL MUTA’ALIMIN TUBAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai akhlakul karimah yang ada pada kitab akhlak lil banin dan kendala-kendala dalam merealisasikan nilai-nilai akhlak pada kehidupan sehari-hari siswa kelas VB MI Hidayatul Muta’alimin Medalem Senori Tuban. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi. Sumber data penelitian adalah wali kelas V, ustad/ustadzah kitab akhlak lil banin dan siswa kelas VB MI Hidayatul Muta’alimin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran kitab akhlak lil banin menggunakan beberapa metode yaitu: metode sorogan, metode ceramah, metode hafalan, dan metode keteladanan. Dari hasil penelitian ternyata sudah banyak nilai-nilai pada kitab akhlak lil banin yang sudah diterapkan oleh peserta didik, seperti bersalaman dengan orang tua, membersihkan ruang sebelum belajar. Selalu hormat dengan guru dengan membedakan cara berbicara antara guru dan teman. Dan siswa bisa menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Kendala yang dialami yakni akhlak siswa yang bermacam-macam, susah mengendalikan siswa yang suka mengantuk dan banyaknya siswa yang acuh terhadap sesama temannya sehingga terdapat siswa yang merasa terkucilkan
Rincian Artikel
Referensi
Asmaran, Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010), 114
Azuma Fela Sufa. (2014) Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul. Jurnal Literasi, Vol. 5, No. 2
Beni Ahmad Sebani dan Abdul Hamid (2017). Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia
Kambali. (2015). Relevansi Pemikiran Syekh Az-Zarnuji dalam Konteks Pembelajaran Modern. Jurnal Pendidikan Studi Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu.
Muhajir, Noeng. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nurdin, Ismail, & Sri, Hartati. (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Sa’id Aqil Siroj. (2004). Pesantren Masa Depan. Cirebon: Pustaka Hidayat