PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS V MI NU 24 SELOKATON
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk karakter peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan karakter telah menjadi bagian penting dalam perkembangan pendidikan di seluruh dunia. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang peran penting Pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar, serta memberikan panduan bagi pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya untuk lebih efektif dalam membentuk generasi muda yang unggul secara akademik dan moral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peserta didik di MI NU 24 Selokaton diajarkan disiplin dalam mengatur waktu dengan baik dalam kegiatan belajar serta disiplin dalam berbagai hal. Para siswa di sekolah ini dilatih untuk membiasakan kedisiplinan dengan mematuhi tata tertib. Diperoleh informasi bahwa peran guru di sekolah ini sudah berjalan baik, guru selain menanamkan pentingnya kedisiplinan juga menerapkan disiplin dalam pembelajaran
Rincian Artikel
Referensi
Arifin,Moh.Miftahul.2016. Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Jurnal Dinamika Penelitian,Vol.16,No.1.
Ashshidieqy,Hasbi.2018.Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengukuran psikologi, Vol.7, No.2.
Ayuningsih,dkk.2020. Persepsi Guru SDN 1 Kota Banda Aceh Terhadap Undang-undang Perlindungan Anak Dalam Menjalankan Disiplin. Jurnal Tunas Bangsa, Vol.7,No.2.
Daryanto, dan Suryatri Darmiatun.2013. Impelementasi Karakter di Sekolah.Yogyakarta:Gava Media.
Depdiknas.2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.
Hamid,Hamdani dan Beni Ahmad S.2013. Pendidikan Karakter Perspektif. Bandung:Pustaka Setia.
Japar,Muhammad,dkk.2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya:Jakad Media Publishing.
KBBI, 2018. “Kamus Besar Bahasa Indonesia” . https://kbbi.web.id/prestasi diakses 23 Oktober 2023.
Lubis, M.Syukri Azwar.2023. Sawab dan Iqab untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa di Pondok Pesantren Modern. Surabaya:Scopindo Media Pustaka.
Mahendra,Y.2019. Pendidikan Karakter di Sekolah. Seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (PPDN),1(1).
Mulyana,Rohmat.2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung:Alfabeta.
Nurkencana.2005. Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Surabaya:Usaha Nasional.
Pratini,S.2005. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:Studing.
Purwanto,Ngalim.2010. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Sukitman,Tri.2016. Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran(Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). JPSD.Vol,2,No.2.
Sukmadinata,Nana Syaodih.2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Syah,Muhibin.2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Thaib,Nauli.2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol.XIII, No.2.
Uno, Hamzah B.2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.
Winkel,WS.1980. Psikologi Pengajaran. Jakarta:Gramedia.
Zulkarnain,D.2019. Peran Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. Jurnal Civic Education,Vol.3,No.1.