PENERAPAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelajaran terpadu merupakan proses belajar yang dimulai dari suatu topik atau tema tertentu yang terhubung dengan topik-topik lain, konsep yang terkait dengan konsep lainnya, yang dapat terjadi secara spontan atau direncanakan, baik dalam satu atau lebih bidang studi, dan dengan berbagai pengalaman belajar siswa maka pembelajaran pun menjadi lebih bermakna. Analisis dalam metode penelitian deskriptif dilakukan dengan mendeskripsikan fakta-fakta dan kemudian diikuti dengan analisis. Hasil pengamatan pada beberapa jurnal ilmiah mengemukakan bahwa penelitian penerapan pembelajaran blended learning di sekolah dasar menunjukan bahwa memasukan karakter ke dalam pembelajaran dapat meningkatkan perilaku, moral, dan sikap positif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di simpulkan bahwa penerapan pembelajaran terpadu terhadap penerapan karakter siswa pada tingkat sekolah dasar berpengaruh positif untuk siswa dalam melatih sikap positif, karakter dan moral. Bukan hanya mengetahui nilai-nilai karakter dan konsep-konsep pembelajaran terpadu siswa juga menggali nilai-nilai kerjasama, tanggung jawab dan kejujuran. Adanya penerapan karakter dan pembelajaran terpadu karena pembelajarannya berpusat pada siswa, lapangan dan dukungan orang tua
Rincian Artikel
Referensi
Tirtoni very.(2017). Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Buku Ajar Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. UMSIDA Press: Universitas Muhamadiyah Sidoarjo.
Murfiah uum,Aas Saraswati. (2016). Implementasi Pembelajran Terpadu Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.1 (1) .
Ansori Zakaria Yoyok.(2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 6(1)
Mutakin imam ridhdo & Ani nur aeni,dkk .(2022). Implementasi Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dan teknologi indonesia (JPTI): Universitas Pendidikan Indonesia. 2(2)
Septikasari zela. Penananman pendidikan karakter melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Prosiding seminar nasional dan call for papers. Yogyakarta:UAD
Elizar, (2009). Pembelajaran terpadu dan urgensinya dalam pengembangan karakter anak sekolah dasar. Edukasi lingua sastra.17(2). Universitas muhamadiyah Kotabumi
Dewi citra.(2010). implementasi sistem pembelajaran terpadu disekolag dasar islam terpadu (SDIT) Ar-Risalah Surakarta. Liberary.uns.ac.id. Surakarta : universitas sebelas maret.
Feri Tirtoni,M.(2018). Pembelajaran terpadu di sekolah Dasar.Jakarta: Penerbit Sekertariat Negara Umsida Press.
Badriyah.(2019). kurikulum berbasis pendidikan karakter dalam pembelajaran terpadu. Jurnal lentera komunikasi, 3-6
Hasanah,uswatun dan annisa rizqi humaira.(2018). Penguatan pendidikan karakter melalaui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jakarta: universitas negeri jakarta.
Kusuma wirahdi 1 made. (2016). Pembelajaran terpadu melalui metode penanaman pendidikan karakter di sekolah dasar. Bali: jayapunguspress.
Ali pratiwi. (2019). Penerapan model pembelajaran terpadu berbasis meningkatkan kemampuan efektif siswa SD Negeri Maja Selatan VII. Literasi pendidikan karakter berwawasan kearifan lokal pada era revolusi industri.
Bahar herwina. (2013). Pengembangan pembelajaran terpadu dalam Pendidikan karakter. Jurnal teknodik. Jakarta.17(2).