PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI PUI HEGARMANAH LEUWILIANG BOGOR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Isi Artikel Utama

RESTI DAMAYANTI

Abstrak

Hasil belajar peserta didik kelas IV di MI PUI Hegarmanah sangat rendah karena  disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap motivasi belajar siswa Mi PUI Hegarmanah. Metode  penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif . Hasil analisis data pada variabel motivasi siswa tentang Media Pembelajaran Puzzle menyatakan bahwa sebagian besar siswa kelas IV MI PUI Hegarmanah berjumlah 33 siswa memiliki motivasi yang baik. Selanjutnya, kesimpulan analisis data Motivasi belajar siswa memiliki tingkat baik dilihat dari angket yang disebarkan oleh peneliti, sebanyak 4 siswa (12 %) memiliki Motivasi rendah, sebanyak 15 siswa (46 %) yang memiliki Motivasi sedang dan 14 siswa (42 %) memiliki Motivasi yang tinggi

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

At-tarbawi jurnal pendidikan, sosial dan kebudayaan Volume 13 Nomor 1 tahun 2021:2086-9754.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta 2014.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Wahyuni Teori belajar dalam pembelajaran. Yogyakarta; arrush media 2015.

Book. Zaini, H. Strategi Pembelajaran Aktif. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Danang Sucahyo dan supriyono, “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.” (Surabaya:PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya).

Dimyati & Mudjiono Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta 2012.

Dwi Yunita dan Astuti Wijayanti, Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Dilihat Dari Aktivitas Siswa, Jurnal LP3M Vol.3 No.2 Agustus 2017.

Harahap, N. (2015). Penelitian Kepustakaan Oleh: Jurnal Iqra’, 08(01).

https;//info.populix.co article/kuesioner.

https://akbarlibrary.blogspot.com/01/insrtumen-penelitian.html 2014

Hamadayama, Jumanta, “Metodologi Pengajaran” Cet.1 (Jakarta: Bumi Aksara), 2016.

Indra Cahya Firdaus, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Informatika Universitas Pamulang Vol.2 No.1 2017.

Jihad, A. & Haris A.. Evaluasi pembelajaran. yogyakarta; multi pressind 2013.

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. In Konsep Motivasi (Vol. 01, Issue 01). 2015.

Kompri. Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. In Konsep Motivasi (Vol 01, issue 01) 2015